Dana Peremajaan Sawit di Mukomuko Diterima 257 Petani

Salah satu lahan perkebunan kelapa sawit milik petani di Kabupaten Mukomuko – foto Ant

MUKOMUKO – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebut, sebanyak 257 petani, yang tergabung dalam tiga kelompok tani telah menerima dana untuk peremajaan kelapa sawit dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

“Semua petani telah menerima dana peremajaan tanaman kelapa sawit, selanjutnya mereka mulai mengatur tender, siapa penyedia alat berat dan bibit sawit,” kata Verifikator Peremajaan Sawit Rakyat Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Roni Linbong, Sabtu (23/1/2021).

Sebanyak 257 petani kelapa sawit ini tergabung dalam tiga kelompok tani. 129 anggota KRP Tunas Harapan, 65 anggota KRP Tanera Sejahtera dan 63 anggota Kelompok Tani Karya Muda. Luas lahan yang mendapatkan program peremajaan tersebut antara lain, untuk KRP Tunas Harapan Desa Manjuto Jaya dengan lahan 167,32 hektare, Kelompok Tani Karya Muda Desa Setia Budi dengan lahan seluas 90,2 hektare, dan kelompok KRP Tanera Sejahtera di Desa Bunga Tanjung seluas 129 hektare.

Tiga kelompok tani tersebut wajib membuat rencana kerja, salah satunya, terkait penghitungan kebutuhan biaya untuk melakukan penumbangan dan pencacahan seluruh pohon kelapa sawit. Dan untuk proses selanjutnya, kelompok kelompok tani diminta untuk mencari sendiri pihak ketigam sebagai penyedia alat berat untuk melakukan penumbangan dan pencacahan pohon kelapa sawit, serta penyedia bibit kelapa sawit unggul.

Selanjutnya, kelompok tani ini mengusulkan kebutuhan anggaran tanaman yang belum menghasilkan mulai dari 0 tahun hingga tiga tahun kepada dinas, kemudian dinas yang memberikan rekomendasi pencairan dana tersebut. Sementara itu, dana untuk peremajaan sawit rakyat yang tidak produktif, karena menggunakan bibit asalan dan berusia tua di tahun ini, sebesar Rp30 juta per-hektare. Jumlahnya meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp25 juta. (Ant)

Lihat juga...