Distribusi Vaksin Covid-19 di Lampung Tunggu Izin BPOM

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana. -Ant

BANDAR LAMPUNG – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, mengatakan pendistribusian vaksin ke kabupaten/kota di Provinsi Lampung tengah menunggu keluarnya izin Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM.

“Kita sementara ini belum diperbolehkan membuka ataupun mendistribusikan vaksin Covid-19, sebab harus menunggu Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM ke luar,” katanya saat dihubungi di Bandar Lampung, Sabtu (9/1/2021).

Ia mengatakan, dikeluarkannya izin EUA berguna untuk menjamin mutu dan keamanan vaksin sebelum digunakan.

“Pendistribusian ke 15 kabupaten/kota akan dibantu oleh Kimia Farma dan Indo Farma untuk menjaga kualitas vaksin, sebab suhu tidak boleh kurang atau lebih dari 2 hingga 8 Celcius,” katanya.

Menurutnya, nantinya vaksin akan didistribusikan ke Puskesmas, rumah sakit serta fasilitas kesehatan lainnya di 15 kabupaten/kota.

“Kita tetap jaga kualitas 40.520 dosis vaksin yang kita terima, karena itu sembari menunggu izin kita persiapkan rantai dingin hingga tingkat Puskesmas di 15 kabupaten/kota untuk mencegah kerusakan vaksin,” katanya.

Sebelumnya, diketahui Pemerintah Provinsi Lampung akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama kepada 35.829 tenaga kesehatan yang ada di 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung, setelah pelaksanaan vaksinasi bagi kepala daerah pada 14 hingga 15 Januari 2021. (Ant)

Lihat juga...