DKI Siapkan 453 Vaksinator COVID-19

Botol dengan stiker bertuliskan, COVID-19 / vaksin Coronavirus / Injeksi dan jarum suntik medis terlihat di depan logo AstraZeneca yang ditampilkan dalam ilustrasi (31/10/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 453 vaksinator, untuk proses vaksinasi COVID-19 di Ibu Kota. DKI Jakarta sudah menerima vaksin dari pemerintah pusat pada Selasa (5/1/2021).

“Selasa vaksin kami terima, dan sekarang di dinkes, kemudian untuk pemberiannya, kami siapkan tenaga fakses jumlahnya 453 beserta petugas perawat, dokter, bidan sebagai vaksinator,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Rabu (6/1/2021).

Sasaran vaksinasi untuk tahap pertama adalah 119.145 orang, yang terdiri dari Tenaga Kesehatan (Nakes) yang datanya diambil dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dinas Penduduk dan Catatan Sipil, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. “Mudah-mudahan di minggu kedua Januari ini dan minggu ketiga, kita mulai melakukan penyuntikan kepada yang menerima di tahap awal, tempatnya di Puskesmas dan di RSUD,” tambahnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Balai Kota Jakarta, Selasa (22/12/2020) – foto Ant

Pemprov DKI telah menerima 39.200 dosis vaksin COVID-19, yang didistribusikan langsung oleh PT Bio Farma Bandung. Pemprov DKI menerima 120.500 vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat yang akan diberikan dalam beberapa tahap. Dinkes DKI menargetkan, dapat menyuntikan 20.473 dosis vaksin COVID-19 per-hari. Dengan sasaran top and down, sesuai arahan pemerintah pusat.

Vaksin COVID-19 telah disimpan oleh Dinkes DKI Jakarta. “Pemprov DKI Jakarta dengan Dinkes, prinsip-nya kami akan mendukung dan melaksanakan apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat, Satgas pusat maupun Kemenkes tentang vaksin bagi warga Jakarta. Kami tentu berterima kasih diberikan gratis kepada seluruh warga Indonesia termasuk warga Jakarta,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...