Dollar Hoki Disukai Penggemar Tanaman Hias di Semarang

Editor: Koko Triarko

SEMARANG – Bagi penggemar drama korea ‘Start-Up’ yang sempat booming di Indonesia, pasti tidak lupa dengan adegan saat pemain utama wanita, Seo Dal Mi, memberikan hadiah tanaman hias kepada lawan mainnya dalam drama tersebut.

Disimbolkan sebagai pembawa keberuntungan, tanaman hias berdaun hijau berbentuk oval tersebut, tidak urung mampu menarik perhatian para penggemar tanaman hias di Kota Semarang.

Tanaman yang dikenal dengan nama jade plant atau dollar hoki tersebut, dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya, sehingga sering diberikan sebagai hadiah kepada seseorang yang tengah memulai usaha.

Pedagang tanaman hias, Agus, saat ditemui di tempat usahanya, kawasan Pedalangan, Banyumanik, Kota Semarang, Senin (25/1/2021). -Foto: Arixc Ardana

“Permintaan tanaman ini cukup banyak, tapi tidak sampai berebutan untuk memilikinya. Masih standar saja, harganya juga relatif terjangkau. Untuk ukuran tinggi kurang lebih 50 centimeter Rp40 ribu, tanpa pot bunga. Jadi, masih dalam polybag,” papar pedagang tanaman hias, Agus, saat ditemui di tempat usahanya, kawasan Pedalangan, Banyumanik, Kota Semarang, Senin (25/1/2021).

Dipaparkan, perawatan tanaman jade plant atau dollar hoki tersebut cukup mudah. Hanya perlu dilakukan penyiraman secara teratur dan cukup terkena sinar matahari.

“Jika ditanam dalam pot, lebih baik ditaruh di tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari secara langsung. Namun kalau ditanam dalam tanah, tanaman ini cukup kuat untuk menerima sinar secara langsung,” tambahnya.

Dollar hoki juga mudah untuk dibudidayakan, terutama dengan cara stek batang. Cukup potong batang tanaman yang diinginkan, kemudian diberi hormon akar dan bisa langsung ditanam dalam pot atau tanah.

Salah satu penggemar tanaman hias, Hendrati Hapsari, mengaku jade plant atau dollar hoki menjadi salah satu koleksi yang dimilikinya.

“Tahu tanaman ini dari drama ‘Start -Up’, saat Seo Dal Mi saat pertama kali berkunjung ke Samsan Tech, yang kemudian disimpan dan dirawat oleh Han Ji Pyeong. Pas lihat sudah langsung cari tahu, jenis tanaman apa kemudian membelinya,” terangnya.

Indri, panggilan akrabnya, mengaku dalam perawatan tanaman tersebut cukup mudah. Meski termasuk jenis sukulen, namun dollar hoki ini bisa menerima cukup banyak air.

“Mungkin karena tanamannya cukup besar, jadi menyimpan airnya juga besar, namun tetap diusahakan jangan terlalu lembab, sebab batang dan akarnya bisa busuk,” terangnya.

Untuk perawatan, sebulan sekali bisa ditambahkan pupuk atau vitamin B1 yang memang dikhususkan untuk tanaman. “Tujuannya untuk memperkuat akar dan batang, serta merangsang tumbuhnya daun baru. Jadi, tetap bisa tumbuh terawat dengan baik,” pungkasnya.

Lihat juga...