DPRD – Kejari Bekasi Jalin Koordinasi

Editor: Koko Triarko

Kajari Kota Bekasi, Sukarman, Senin (18/1/2021). –Foto: M Amin

BEKASI – DPRD Kota Bekasi, Jawa Barat, menjalin silaturahmi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) dalam memaksimalkan tugas dan fungsinya, terutama terkait produk hukum seperti Peraturan Daerah (Perda). Kunjungan itu sekaligus melihat langsung pelayanan di instansi tersebut.

“Banyak agenda yang memang dilakukan evaluasi, salah satunya memperbaiki komunikasi dengan Forpimda (Forum Pimpindan Daerah). Kejari sendiri sebagai pengacara negara, bagaimana ke depan lebih mengoptimalkan konsultasi pendampingan terkait produk hukum dalam hal ini Perda,” ungkap Chairuman, Senin (18/1/2021).

Dikatakan, tidak ada pembahasan spesifik dengan Kejari Kota Bekasi, karena kunjungan dilakukan hanya silaturrahmi untuk mempererat hubungan antarlembaga. Tujuan lainnya untuk mengetahui secara langsung pelayanan, dan apa yang bisa dibantu dewan dalam mendukung kinerjanya.

Menurut Chairoman, Kejari Kota Bekasi sebagai pengacara negara, tahun ini harus banyak terlibat dalam rancangan peraturan daerah. Seperti memberi pandangan hukum dan pertimbangan sebelum disahkan menjadi Perda. Sehingga, produk yang dihasilkan DPRD lebih maksimal.

Kajari Kota Bekasi, Sukarman, mengakui kunjungan anggota DPRD Kota Bekasi, tidak lain menjalankan fungsi dan tugasnya. Selain itu, ada pembahasan terkait rencana MoU di bidang produk hukum seperti Peda.

“Saat ini, kami mulai mempersiapkan MoU produk hukum terkait Perda, seperti akan ada sharing pembahasan sebelum produk Perda itu keluar atau disahkan. Terutama tinjauan dari sisi yuridisnya begitu,”ungkap Sukarman.

Terkait Perda, tentu Kejari siap mendampingi dan memberikan pandangan hukum sebelum disahkan menjadi peraturan daerah.

“MoU nantinya untuk kesepakatan guna menciptakan koordinasi dan sinergi antara para pihak, dalam penyelenggaraan pemerintahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya.

DPRD Kota Bekasi juga melakukan koordinasi ke beberapa instansi seperti Polrestro Bekasi Kota, Pengadilan Negeri. Koordinasi akan dilanjutkan ke instansi vertikal lainnya meliputi Kodim 0507/Bekasi, Kemenag, Lapas dan Imigrasi.

Lihat juga...