Embung Batu Bereum, Tempat Nongkrong Favorit di Karang Bahagia

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI – Embung Air Batu Bereum, di Desa Karangmukti, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, jadi lokasi favorit nongkrong sambil menikmati panorama alam yang ada di sekitarnya. 

Berlokasi di Lemah Abang, saat ini tempat itu menjadi tempat destinasi wisata baru di Kecamatan Karang Bahagia yang terus dikembangkan dengan tetap mempertahankan kearifan lokal.

“Hari ini, saya sengaja datang dan melihat langsung Embung Batu Bereum yang menjadi tempat favorit di Karang Bahagia,” ujar Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja usai Bincang Sejarah, Budaya dan Kearifan Lokal Masyarakat di Kecamatan Karang Bahagia, Minggu (24/1/2021).

Dikatakan lokasi tersebut dulunya adalah embung tempat menampung air untuk perairan areal persawahan. Dan sekarang sudah menjadi tempat wisata bagi warga setemepat. Dia menjanjikan akan membantu untuk pengembangan tempat tersebut.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, (kanan) saat mengunjungi Embung Batu Bereum, di Karang Bahagia. Ia menggelar diskusi sejarah dan budaya bersama warga setempat, Minggu (24/1/2021). -Foto: M. Amin

Bang Eka sapaannya dalam kesempatan itu juga mengajak warga untuk datang ke Embung Batu Bereum menikmati suasana alam pertanian seperti hamparan sawah di sekitar areal Embung Karang Bahagia. Lokasi tersebut terus dikembangkan dengan konsep destinasi wisata pertanian.

Camat Karang Bahagia, Karnadi mengatakan, ada banyak potensi yang dapat mendukung Desa Karangmukti sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Bekasi. Selain memiliki pemandangan pesawahan seluas 493 hektare, di daerah tersebut juga ditemukan reruntuhan batu-bata yang diduga memiliki nilai sejarah diperkirakan dibangun sejak era Belanda.

“Embung Batu Bereum itu, dulunya tempat penampungan air yang bisa mengaliri areal persawahan hingga 60 hektar. Saat ini jadi tempat favorit di Desa Karangmukti yang sudah diplot sebagai desa wisata pertanian,” papar Karnadi.

Saat ini banyak pengembangan untuk menambah keindahan di lokasi Embung Batu Bereum tersebut. Sehingga bisa menjadi tempat untuk berswafoto yang instagramable, spot-nya pun banyak pilihan untuk di explore dengan hamparan sawah yang bergitu luas.

Embung Air Batu Bereum saat ini, menjadi tempat nongkrong baru kawula muda setiap sore. Sehingga tak heran jika aneka kuliner yang disajikan yang bisa menemani saat nongkrong sambil menikmati panorama hamparan sawah.

Lihat juga...