Grand Prix Australia Dikabarkan Diundur, Bahrain Jadi Seri Pembuka

Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, memimpin balapan melewati lintasan dengan dua tikungan saat balap mobil Formula One F1 Australian Grand Prix di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu (17/3/2019) – Foto Ant

JAKARTA – Grand Prix Australia di Melbourne, dikabarkan penyelenggaraanya akan mundur, sehingga Bahrain akan menjadi seri balapan pembuka musim Formula 1-2021 pada Maret. Hal tersebut diungkapkan pemilik tim Aston Martin Lawrence Stroll.

Kabar, bahwa Sirkuit Albert Park sebagai tuan rumah balapan pertama tahun ini diundur, disebabkan oleh pandemi COVID-19, dan kebijakan lockdown di Australia telah santer terdengar, meski F1 secara resmi belum mengonfirmasi kabar tersebut. “Melbourne, ini belum resmi diumumkan tapi akan, tidak dibatalkan tapi ditunda. Kita akan ke sana pada musim semi dan balapan pertama akan digelar di Bahrain,” kata bilyuner asal Kanada itu, Kamis (7/1/2021).

Stroll mengungkapkan hal tersebut, menjelang pengumuman kemitraan baru dengan perusahaan TI Cognizant, sebagai sponsor timnya di tahun ini. Stroll, yang menjabat executive chairman di perusahaan mobil sport Aston Martin, akan kembali turun sebagai konstruktor di F1 untuk pertama kalinya dalam 60 tahun terakhir, dengan melakukan rebranding tim Racing Point tahun ini.

Seluruh tim F1, disebut-sebut telah menyepakati perubahan itu dalam rapat virtual bersama CEO baru F1 Stefano Domenicali, Senin (4/1/2021). Sebuah sumber menyebut, rapat yang sama juga menyepakati bahwa tes pramusim akan dipindah dari Sirkuit Catalunya di Barcelona ke Bahrain, meski belum menyebut secara pasti tanggalnya. Kalender F1 musim lalu harus ditulis ulang karena pandemi, dengan 17 seri yang digelar di Eropa dan Timur Tengah, sementara sejumlah sirkuit menjadi tuan rumah dua balapan. (Ant)

Lihat juga...