Harga Cabai Rawit Merah di Bekasi Masih Pedas

Editor: Mahadeva

BEKASI – Memasuki awal 2021, emak-emak di Bekasi mulai mengeluhkan harga cabai rawit merah. Di sejumlah warung sayur atau pasar tradisional wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, harga masih bervariasi tinggi, mulai dari Rp80 ribu hingga RpRp110 ribu per-kilogram (kg), Sabtu (9/1/2021).

Memasuki musim penghujan saat ini, harga Cabai rawit merah ditingkat pengecer sejumlah warung sayur tembus Rp11.000 per-ons. Kenaikan harga juga membuat para pengecer atau warung kampung, memilih tidak menjual cabai rawit merah.

Padahal, saat Nataru lalu harga cabai rawit tertinggi masih diangka Rp65 ribu. “Beberapa warung sayur, biasanya mengecer cabai rawit merah di kampung, wilayah Jatimekar, Jatiasih memilih tidak menjual karena harganya tinggi. Harga tinggi sebenarnya tidak soal asal cabainya tersedia,” ujar Ibu Diana, warga RT01/08 Kampung Pamahan kepada Cendana News, Sabtu (9/1/2021).

Ia bersama tetangganya, Ibu Ani, mengaku sudah keliling ke beberapa warung sayur di lingkungannya, tetapi cabai rawit merah kosong. Hingga mereka ke salah satu minimarket, dan ada ketengan dijual dengan harga Rp11.495 per-ons. Itupun kualitasnya sudah tidak bagus.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Rukun Warga Pasar (RWP) Kranji, Sri Mulyono mengakui, ada sedikit lonjakan untuk harga cabai rawit merah. Namun demikian, informasi di pasar induk Cibitung cabai rawait merah tidak langka. “Masih stabil harga cabai rawit merah untuk ketersediaannya. Kalau harga, mungkin sedikit melonjak, tapi di Pasar Tradisional Kranji masih terbilang stabil Rp80 ribu per-kg,” ujar Sri Mulyono.

Sri Mulyono menyebut, kemungkinan harga tinggi untuk cabai rawit terjadi di warung kampung. Namun demikian, untuk pasar tradisional tentunya berbeda harga jualnya. Untuk wilayah Pasar Kranji umumnya menginduk ke Pasar Cibitung, sementara untuk pasar lain belum tentu di Kramat Jati Jakarta. Kenaikan harga Cabai Merah diakui pedagang pasar Jatiasih, Ucok, yang menyebut harga jualnya diangka Rp100 ribuan. “Memang hari ini, pedagang agak mengeluhkan untuk harga cabai rawit merah. Karena tentu harga naik penjual pasti menurun,” jelasnya.

Amas Kepala Pasar Tradisional Baru Kranji, dikonfirmasi Cendana News terkait harga cabai rawit merah yang mulai melonjak, Sabtu (9/1/2021) – (Foto: M. Amin)

Kepala Pasar Kranji, Amas menegaskan, harga cabai rawit merah dalam beberapa hari terakhir masih stabil diangka Rp80 ribu per-kg. Namun dia tidak membantah, jika di tempat lain ada kenaikan. “Data hari ini, harga cabai rawit merah di Pasar Kranji Rp80 ribu per-kg. Makanya kalau ditempat lain mahal, ke Pasar Kranji saja bilang ke emak-emak,” ujar Amas.

Adapun data perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di Pasar Kranji Baru rata-rata Perkomoditi seperti beras medium Rp10.000 per-kg Premium Rp14.000 per-kg. Sementara harga Cabai rawit merah Rp80.000 per-kg Cabai Merah Kriting Rp55.000 per-kg, Cabai Merah besar Rp40.000 per-kg, bawang putih Rp24.000 per-kg bawang merah Rp30.000 per-kg. Sedangkan Daging sapi Rp120.000 per-kg.

“Dari data tersebut yang didata sejak senin lalu, maka disimpulkan harga komoditi kebutuhan pokok di Pasar Kranji Baru stabil,” pungkas Amas.

Lihat juga...