Hujan Deras Melanda, Sejumlah Wilayah di Sidoarjo Tergenang Banjir

Banjir di wilayah Waru Sidoarjo, Kamis (7/1/2021) – Foto Ant

SIDOARJO – Sejumlah wilayah di Kecamatan Waru Sidoarjo, Jawa Timur, tergenang banjir dengan ketinggian antara 40 sentimeter (cm) sampai dengan 60 cm. Banjir terjadi, setelah hujan deras melanda kawasan itu Kamis (7/1/2021) petang.

Salah satu lokasi banjir terparah ada di wilayah Brebek, dengan ketinggian air banjir mencapai 60 cm. Dampaknya, banyak pengendara motor turun akibat motor yang dinaiki mogok. “Sudah langganan banjir, tapi sore ini hujannya lebat dengan intensitas cukup tinggi,” ucap Budi Nugraha, warga Rewwin Sidoarjo, Kamis (7/1/2021).

Ia mengatakan, banjir sempat masuk rumahnya di kawasan Rewwin, dengan ketinggian sekira 15 cm. Air yang masuk rumahnya itu merupakan luapan dari jalan raya. “Sudah agak surut, tetap di jalan raya masih ada genangan air,” ungkapnya.

Hujan deras, mengguyur Sidoarjo selama beberapa jam dan membuat kawasan Waru dan sekitarnya dilanda banjir. Salah satu titik banjir adalah jalan di bawah jalan layang Waru, khususnya dari arah Sidoarjo ke Surabaya. Banjir merendam jalan dengan ketinggian mencapai 40 sentimeter, sehingga banyak pengendara roda dua yang mogok akibat nekat menerjang banjir. Terpantau ada juga sebuah mobil yang mogok.

Kapolsek Waru, Kompol Anwar Sudjito mengatakan, banjir di bawah layang Waru, akibat curah hujan yang tinggi. Selain itu, Sungai Buntung yang ada di daerah tersebut tidak bisa menampung air hujan, dan airnya meluap.

Anwar menyebut, akibat banjir tersebut arus lalu lintas macet. Sejumlah anggota dikerahkan untuk mengatur lalu lintas, dan mengarahkan pengendara untuk naik ke flyover. “Akibat banjir tersebut kemacetannya sangat parah, kami menempatkan beberapa anggota untuk mengatur lalin di lokasi,” kata Anwar.

Banjir juga terjadi di wilayah Wadung Asri, dengan ketinggian air sekira 50 cm. Air menggenang di jalan raya, dan sebagian masuk ke pemukiman warga. Akibat dari banjir sempat diunggah warga melalui media sosial, dengan harapan mendapat perhatian dari pemangku kepentingan setempat. (Ant)

Lihat juga...