Hujan Deras Sebabkan Jalan Amblas di Trenggalek

TRENGGALEK – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Trenggalek dan sekitarnya, telah memicu longsor yang menyeret separuh ruas jalan makadam di depan SD Negeri 2 Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Kapolsek Dongko, AKP Rohadi, menjelaskan jalan yang amblas berada tepat di tepi jurang sedalam tujuh meter, yang terhubung langsung dengan pematang sawah di bawahnya.

Tidak ada korban jiwa atau kerusakan bangunan akibat kejadian tersebut. Namun, longsor yang menyeret separuh badan jalan makadam itu menyebabkan akses warga sekitar nyaris putus total.

“Agar tidak membahayakan warga yang melintas, akses jalan ini sementara kami tutup,” kata Rohadi, Rabu (13/1/2021).

Rohadi dan warga di sekitar lokasi mengaku khawatir tanah masih terus bergerak, seiring hujan yang diperkirakan masih akan mengguyur di wilayah Trenggalek hingga beberapa hari ke depan.

Saat ini, material longsor masih dibiarkan menimbun beberapa petak sawah yang ada di bawahnya.

“Memang retaknya sudah cukup lama. Sempat ditutup, namun rongga-rongga di jalur retakan yang terisi air menyebabkan rekahan tanah melebar, kemudian terjadilah longsor,” kata salah seorang warga bernama Sunardi.

Meski akses kini ditutup sementara, sebagian warga terpantau masih nekat melintasi titik rawan itu dengan berjalan kaki. Warga nekad tetap melintas, sebab bila diharuskan melalui jalur memutar, rute yang ditempuh cukup jauh, sekitar dua kilometer.

Warga berharap, akses jalan yang rusak itu segera diperbaiki sehingga aktivitas perekonomian desa tidak terganggu. (Ant)

Lihat juga...