Ikan Nibe Bumbu Tomat, Nikmat

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Satu lagi kekayaan laut dari Sikka, Nusa Tenggara Timur, adalah ikan nibe. Salah satu jenis ikan laut ini juga biasa disebut ikan sembe dalam bahasa Nagi atau Larantuka, oleh masyarakat Kabupaten Flores Timur. Seperti halnya cum-cumi yang melimpah pada waktunya di Sikka, ikan nibe juga biasa diolah menjadi masakan khas sehari-hari masyarakat di Sikka.

Ikan nibe banyak terdapat di perairan Pulau Flores dan wilayah perairan NTT lainnya, dan kerap dijadikan ikan asin dan merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Kabupaten Flores Timur (Flotim).

“Ikan nibe basah dijual 12 ekor Rp10 ribu kalau sedang musim, sementara ikan nibe yang sudah diasinkan dijual 6 ekor Rp10 ribu,” kata Jubaidah, salah seorang penjual ikan di TPI Alok Maumere, saat ditemui Cendana News sedang berjualan, Sabtu (2/1/2021).

Maria W.Parera, warga Kelurahan Waiortang, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, saat memasak ikan Nibe di rumahnya, Sabtu (2/1/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Jubaidah mengatakan, ikan nibe kerap dijual murah saat musim hujan, karena tangkapannya melimpah. Sementara bila tangkapan sedikit, kerap dijual pedagang 6 ekor Rp10 ribu.

Dikatakannya, saat tangkapan melimpah, ikan nibe sering dijadikan ikan asin karena harga jualnya murah dan pembelian pun berkurang, tidak sebanding dengan stok yang ada.

“Kalau sedang musimnya dan hasil tangkapan melimpah, kami biasa menjadikannya ikan asin. Untuk mengawetkannya harus mempergunakan banyak garam,”  terangnya.

Untuk mengolah ikan nibe, Maria W.Parera, warga Kelurahan Wairotang, Kota Maumere, mengaku biasa memasaknya secara praktis dengan menggunakan bumbu tomat.

Ada pun carannya, siapkan tomat, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, merica dan penyedap rasa. Setelah diiris kecil-kecil, tomat, bawang merah, bawang putih dan cabai rawit dihaluskan dengan menggunakan cobek.

“Bersihkan sisik ikan nibe terlebih dahulu hingga bersih, lalu potong menjadi dua bagian. Goreng ikan nibe terlebih dahulu hingga matang, lalu angkat dan tiriskan minyaknya hingga benar-benar kering,” ucapnya.

Maria mengatakan, setelah semua bumbu dihaluskan, panaskan minyak goreng dan tumis bumbu-bumbu tersebut hingga mengeluarkan aroma wangi.

Setelah itu, masukkan air secukupnya dan biarkan hingga mendidih sambil diaduk, agar bumbu-bumbunya tersebar merata. Jangan lupa pesan dia, tambahkan merica, garam dan penyedap rasa secukupnya sesuai selera dan rasa yang diinginkan.

“Setelah air mendidih dan semua bumbu tercampur merata, masukkan ikan nibe yang telah digoreng. Aduk hingga merata dan biarkan di wajan hingga matang, lalu angkat dan hidangkan,” pesannya.

Maria mengatakan, bumbu bisa dihaluskan menggunakan cobek atau juga diiris kecil-kecil saja tergantung selera.

Untuk diketahui, ikan nibe sejenis dengan ikan cucut, tetapi ukuran panjangnya sekitar 10 centimeter dan lebar sekitar dua centimeter.

Ikan ini banyak terdapat di sekitar perairan yang banyak terdapat hutan mangrove, karena menjadi habitat ikan ini bertelur dan berkembangbiak.

Lihat juga...