Jaga Kondisi Kesehatan Penumpang Bus ini Gunakan HEPA Filter dan Terapkan Pola 1-1-1

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

SEMARANG — Transportasi darat menjadi salah satu sektor, yang terdampak covid-19. Adanya kekhawatiran terpapar selama perjalanan, menjadikan moda transportasi tersebut menjadi minim peminat.

Export Manager Karoseri Laksana, Werry Yulianto saat dihubungi di Semarang, Jumat (22/1/2021). Foto Arixc Ardana

Jika hal tersebut dibiarkan dan berlangsung terus menerus, sudah dipastikan perusahaan transportasi akan gulung tikar. Untuk itu beragam inovasi pun dilakukan, dalam pencegahan penyebaran covid-19 di transportasi umum.

Salah satunya, dengan penerapan teknologi High Efficiency Particulate Air (HEPA) , berupa filter udara mekanis yang bekerja dengan menyaring debu, asap rokok, bakteri hingga virus di udara.

“Filter ini mampu membantu menjaga kemurnian udara di dalam ruangan, karena mampu menyaring partikel hingga ukuran 0.3 mikron. Sistem kerja HEPA filter dengan menyaring udara dan membersihkannya,” papar Export Manager Karoseri Laksana, Werry Yulianto saat dihubungi di Semarang, Jumat (22/1/2021).

Lebih jauh, untuk lebih memaksimalkan sirkulasi udara di dalam bus, sekaligus bagian dari protokol kesehatan, juga diterapkan social distancing atau jaga jarak pada kursi penumpang modal 1-1-1.

“Agar hasilnya lebih maksimal, penempatan inlet AC bus yang biasanya ada di langit-langit kabin, dipindahkan ke bagian bawah. Jadi udara disedot dari bawah kursi masing-masing penumpang,” terangnya.

Selain itu, penempatan bagasi di atas tempat duduk juga dihilangkan, dengan tujuan agar sirkulasi udara bisa lebih optimal.

“Bus yang kita namakan Bio Smart & Safe Bus ini, menjadi upaya kita, agar meningkatkan kepercayaan penumpang, bahwa berkendaraan dengan bus juga aman dan nyaman. Teknologi yang diterapkan, juga menjadi upaya dalam pencegahan penyebaran covid-19,” terangnya.

Di satu sisi, meski sudah dilengkapi dengan HEPA filter hingga UV C Lamp, namun penumpang tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan selama berkendara. Termasuk menggunakan masker, hingga pemeriksaan suhu tubuh sebelum naik bus.

Terpisah, salah seorang warga Semarang Andi Winarno, yang sudah mencoba Bio Smart & Safe Bus, mengaku selama perjalanan udara di dalam ruangan bus terasa lebih segar.

Demikian juga yang disampaikan Kriska Wulan. Pekerja swasta ini mengaku dengan menggunakan Bio Smart & Safe Bus, dirinya sebagai penumpang, juga tidak merasa was-was karena udara di dalam ruangan bus selalu terjaga kebersihannya.

“Dalam pencegahan covid-19, sirkulasi udara di dalam ruangan menjadi sangat penting. Dengan sirkulasi yang bagus, udara menjadi tetap bersih dan terhindar dari beragam partikel, kuman, virus hingga bakteri, yang ada di udara,” lanjutnya.

Dirinya pun berharap kedepan akan semakin banyak perusahaan transportasi darat, yang menerapkan teknologi HEPA filter tersebut sebagai upaya pencegahan covid-19.

Lihat juga...