Jalan Umum Desa Ilung Pasar Lama HST Longsor

Ilustrasi Jalan di Desa Ilung yang tergerus longsor setelah dilanda banjir sehari – Foto Ant

BANJARMASIN – Akses jalan umum, di Desa Ilung Pasar Lama RT 001 RW 001, Kecamatan Batang Alai Utara (Batara), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) longsor, pada Rabu (20/1/2021) sore. Longsor terjad sekira pukul 17.00 WITA.

Warga Desa Ilung, Yudi, sebelum longsor terjadi wilayah tersebut terdampak banjir, karena berada di pinggiran sungai Batang Alai. Naun demikian, banjir yang terjadi tidak selama dan tidak separah di Kecamatan Barabai.

Banjir terjadi hanya sehari, namun sempat juga sampai menggenangi jalan umum dan rumah warga. Saat ini, jalan yang mengalami longsor tidak bisa dilewati pengendara roda empat. Untuk pengendara roda dua masih bisa lewa melalui jalan samping, atau halaman rumah warga.

Namun tetap harus berhati-hati, karena kemungkinan pergeseran longsor masih akan meluas. “Saat ini longsor sudah meluas dengan panjang sekitar 10 meter lebih,” kata pemuda yang baru saja terpilih sebagai Ketua BPD Desa Ilung tersebut.

Saat ini, jalan sudah ditandai warga dengan penghalang sebagai tanda untuk berhati-hati. “Pagi tadi, sebenarnya masih aman saja kondisi jalan hanya sedikit retak, baru sore tadi secara tiba-tiba longsor, dan aspal jalan jatuh ke sungai,” kata Yudi.

Dia mengimbau, warga yang melintas untuk berhati-hati. Karena akses jalan tersebut juga merupakan penghubung ke beberapa desa di wilayah Kecamatan Batara. “Kami warga Ilung Pasar Lama berharap agar jalan itu bisa secepatnya diperbaiki oleh pemerintah setempat, sebelum memakan korban,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...