Kota Kediri Siap Salurkan Bansos Tunai untuk 10.785 KPM

Ilustrasi warga Kota Kediri, Jawa Timur, menerima dana BSM dari pusat sebesar Rp300.000, yang diberikan selama empat bulan berturut-turut, terhitung sejak Januari hingga April 2021 – Foto Ant

KEDIRI – Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, siap menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BSM) kepada 10.785 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang merupakan program bantuan dari Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Triyono Kutut mengemukakan, dari sebanyak 10.785 KPM yang akan menerima BST di 2021, penyalurannya dilakukan di beberapa lokasi. “Pembagiannya tidak hanya di kantor pos, tapi juga beberapa kantor kelurahan, untuk menghindari kerumunan warga. Ini agar situasi tetap aman dan kondusif,” katanya di Kediri, Kamis (7/1/2021).

Pembagian bantuan sudah dijadwal oleh Pemkot Kediri. Warga akan diberi informasi jadwal termasuk jam pencairan. Semuanya diberlakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan. Proses pembagian BST dilakukan Jumat (8/1/2021), dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. Pembagian sesuai undangan yang telah dibagikan oleh Dinsos Kota Kediri. Dalam pengambilan BST warga diharuskan membawa KTP elektronik atau Kartu Keluarga (KK) asli dan menggunakan masker.

Selain itu, ada juga warga yang mendapatkan jadwal pada Senin (11/1/2021), untuk mengambil dana BST di Januari 2021 tersebut. Kutut mengatakan, BST diberikan untuk membantu warga kurang mampu di masa pandemi COVID-19, yang terdaftar sebagai peserta keluarga penerima manfaat. 

Setiap penerima BST, akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp300.000, yang diberikan selama empat bulan berturut-turut, terhitung sejak Januari hingga April 2021. Dalam proses penyaluran bansos BST tahap ini, Kementerian Sosial telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

Terkait dengan program bantuan dari APBD Kota Kediri di masa pandemi COVID-19, Kutut mengatakan, bantuan diberikan lewat program kartu sahabat, yakni dengan memberikan dana Rp200 ribu dan beras 10 kilogram. Proses penyaluran disebutnya, masih menunggu petunjuk dari pimpinan. Namun, untuk pemberian bantuan bagi warga yang dikarantina masih disediakan. Pemerintah Kota Kediri menyediakan sekira 1.800 paket, yang terdiri dari beras, telur kecap, minyak goreng dan sarden. Paket itu untuk Januari hingga Februari 2021, dalam program jaring pengaman sosial. (Ant)

Lihat juga...