Masyarakat di Jatirangga Harap Gedung SMP dan Puskesmas Segera Dibangun

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, kembali memfokuskan pembangunan sekolah menengah pertama (SMP) di wilayah setempat. Apalagi, dengan sistem penerima  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berdasarkan zonasi.

Sampai sekarang, wilayah setempat belum memiliki bangunan sekolah setingkat SMP dan fasilitas kesehatan seperti Puskesmas. Padahal, setiap tahun dua pelayanan mendasar tersebut sudah diusulkan melalui Musrenbang dan lainnya.

“Persoalan pendidikan dan kesehatan menjadi pelayanan dasar suatu wilayah. Tapi, di Kelurahan Jatirangga belum ada SMP dan Puskesmas,” ujar Ahmad Affandi, Lurah Jatirangga usai memimpin Pra Musrenbang Kelurahan, Kamis (14/1/2021).

Ahmad Affandi, Lurah Jatirangga, Jatisampurna, Kamis (14/1/2021). –Foto: M Amin

Dikatakan, bahwa usulan pembangunan SMP di wilayah Kelurahan Jatirangga setiap tahun selalu diusulkan. Tapi sampai sekarang belum terealisasi, dan tahun ini kembali diusulkan untuk menjadi prioritas tahun depan.

Menurutnya, tahun lalu memang diusulkan, tetapi tidak memungkinkan dilaksanakan tahun ini karena pandemi Covid-19. Banyak anggaran terserap untuk penanggulangan. Diharapkan tahun depan bisa terealisasi untuk wilayah Kelurahan Jatirangga bisa memiliki bangunan SMP.

“Sejak 2,5 tahun lalu, sejak awal saya diamanahkan sebagai Lurah Jatirangga memang sudah ditargetkan tertkait bangunan SMP. Karena ini adalah pelayanan dasar wilayah,” tegasnya lagi.

Selain SMP, Kelurahan Jatirangga juga menargetkan pembangunan Puskemas. Hal tersebut juga menjadi usulan warganya melalui RT/RW.

Kelurahan Jatirangga, Jatisampurna, menggelar pra Musrenbang dengan menghadirkan undangan terbatas, meliputi LMP, BKM, RT/RW dan tokoh masyarakat berjumlah 26 orang.

“Total usulan masih didominasi pembangunan fisik. Dari 150 usulan ada 120-an usulan untuk kerja fisik seperti jalan, drianse. Termasuk paling urgen adalah pembangunan SMP dan Puskemas,”ungkap Affandi.

Ketua RW 1 Jatirangga, Mang Rofiq, mengakui keinginan utama warga di kelurahan Jatirangga bisa memiliki bangunan SMP. Hal tersebut agar mempermudah anak masuk sekolah.

“Sekarang kan bingung dengan sistem online atau zonasi, kami harus memilih sekolah yang ada di luar kelurahan, jaraknya pun jauh. Harus memenuhi surat rekomendasi dan lainnya, kalau sekolah di sini kan enak,” jelasnya, berharap bisa segera dibangun sekolah SMP dan Puskemas di wilayah Kelurahan Jatirangga.

Dia pun mengakui, usulan pembangunan SMP sejak lama diusulkan agar menjadi prioritas. Tapi, realisasinya masih belum terlaksana. Akhirnya, warga hanya pasrah untuk menyekolahkan anaknya di kelurahan tetangga yang masih lingkup kecamatan Jatisampurna.

Lihat juga...