Melatih Mental dengan Bermain Skateboard 

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Aksi bermain skateboard Muhammad Ezra Alfatih dengan lompatan dan gerakan rumit sangat memukau. Meskipun usianya baru 8 tahun, namun bocah ini mampu menguasai beberapa teknik dalam skateboard yang cukup mengesankan. 

Seperti kesimbangan tubuh, mendorong, berhenti, berbelok dan jatuh dilandasan skatepark. Al demikian panggilan bocah itu menebarkan aksi ekstrimnya di skatepark di bawah kolong flyover Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Jumat (29/1/2021) sore.

Sesekali Al meluncur bersamaan dengan Aril, bocah seusianya yang juga mahir bermain skateboard. Aksi kedua bocah ini sukses melakukan berbagai trik. Salah satunya, trik Ollie, yakni gerakan melompat dan mendarat dengan papan. “Aril, ayo kita meluncur lagi,” ucap Al.

Al mengaku awal main skateboard belajar secara otodidak. Dengan melihat teman-teman seusianya bermain skateboard di jalan gang rumahnya di Jalan Poncol, Jakarta Selatan.

“Lihat teman yang main skateboard, saya tertarik olahraga ini, lalu belajar otodidak aja,” ujar Al kepada Cendana News, ditemui di skatepark di bawah kolong flyover Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (29/1/2021).

Al mengaku rutin berlatih skateboard setiap hari dengan ditemani ayahnya Syarif Hidayat. “Saya tiap sore latihan di sini, ya awalnya sih main di jalanan gang rumah, tapi ayah ngajak latihan di sini, ternyata nyaman,” ujarnya.

Syarif Hidayat, sang ayah mengatakan, anaknya memang hobi skateboard, dan sering bermain bersama teman-temannya di jalanan.Namun karena dia merasa khawatir,  akhirnya Al diajak bermain skateboard di area olahraga ekstrim yang dibangun pemerintah DKI Jakarta ini.

“Main skateboard di jalanan, bagi saya khawatir, makanya saya ajak Al ke sini. Area skatepark ini lebih aman,” ujar Syarif kepada Cendana News.

Dengan bermain skateboard di sini,  menurutnya, Al bisa belajar pada senior-senior yang sudah mahir bermain skateboard. Karena setiap hari area ini selalu dipenuhi pengunjung yang merupakan komunitas skateboard.

Andika Dwi Cahyo meluncur di atas papan skateboard di landasan skatepark di bawah kolong flyover Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (29/1/2021) sore. -Foto: Sri Sugiarti
Lihat juga...