Meski PPKM Masih Berlangsung, di Serang Banten Warga Masih Berkerumun

Anggota Kepolisian dari Polres Serang Kota berupaya membubarkan kerumunan massa dalam upaya penegakan disiplin protokol kesehatan di area publik di wikayah Kota Serang, Sabtu (16/1/2021) malam – Foto Ant

SERANG Kepolisian Resort (Polres) Serang Kota, melakukan pembubaran terhadap ratusan massa, yang berkerumun di area publik yang ada di Kota Serang. Hal itu dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya penyebaran COVID-19, pada saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kabag Ops Polres Serang Kota, Kompol Yudha Hermawan mengatakan, jajaran Polres Serang Kota menggelar patroli penertiban protokol kesehatan (Prokes). Hal tersebut untuk menegakan aturan kebijakan PPKM se-Jawa-Bali dari pemerintah pusat.

Kerumunan massa yang dibubarkan merupakan pelanggar protokol kesehatan, seperti berkerumun dengan tidak menjaga jarak, tidak memakai masker, dan melanggar jam operasional yang telah ditentukan. “Pada pelaksanaan itu, kami melakukan pembubaran kerumunan massa yang sudah melanggar protokol kesehatan. Kemudian kami juga memberikan teguran secara persuasif,” katanya, Minggu (17/1/2021).

Selain melakukan penertiban prokes, pihaknya juga melaksanakan razia pekat ke sejumlah tempat hiburan malam, yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya tindakan kriminal dan peredaran narkoba yang dapat mengganggu ketertiban umum. “Selanjutnya kami juga melaksanakan razia di beberapa tempat hiburan malam, dan berhasil menyita beberapa botol miras. Kami juga menegur para pemilik agar tidak mengedarkan mirasnya itu,” katanya.

Masyarakat diminta terus berdisiplin menerapkan protokol kesehatan, karena pada situasi pandemi saat ini masih rentan terjadinya penularan. “Saya menghimbau kepada masyarakat, khususnya di Kota Serang, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan bersama-sama mengampanyekan tentang gerakan 3M,” kata Yudha.

Sementara itu, dalam upaya penertiban yang digelar Sabtu (16/1/2021) malam, petugas menyisir beberapa area publik yang dijadikan tempat berkumpulnya warga. Seperti di Alun-Alun Barat Kota Serang, Stadion Maulana Yusuf Serang, serta di lingkungan Jalan Protokol. (Ant)

Lihat juga...