Nasi Lengko Santapan Nikmat Khas Cirebon

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Untuk menikmati makanan khas daerah tidak perlu keluar rumah di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini. Resep nasi lengkong khas Cirebon dapat dibuat di rumah untuk disantap bersama keluarga.

Endon Wartini, seorang ibu rumah tangga mengaku kangen kampung halaman yakni Cirebon. Namun karena gelombang virus corana masih meninggi, keinginan untuk mudik ke Cirebon pun ditunda.

Keinginannya mudik yakni untuk menyantap nasi lengko di Pasar Kramat, Kecamatan Kejaksan, Cirebon, Jawa Barat.

“Kangen kampung, pengen ziarah dan makan nasi lengko di Pasar Kramat, Kejaksan. Tapi, kondisi Covid-19, nggak boleh keluar rumah, ya saya masak nasi lengko saja bisa disantap anak cucu saya,” ujar Endon, kepada Cendana News saat ditemui di rumahnya di Jalan Mandala, Jakarta Timur, Sabtu (23/1/2020).

Endon Wartini sedang membuat nasi lengko khas Cirebon di rumahnya di Jalan Mandala, Jakarta Timur, Sabtu (23/1/2021). -Foto: Sri Sugiarti

Menurutnya, nasi lengko ini dibuat dari bahan sederhana terdiri nasi putih, yang ditaburi tauge rebus, potongan ketimun, tempe dan tahu goreng.

Setelah semua bahan itu tercampur, lalu siram dengan bumbu kacang, kecap, dan beri taburan irisan daun kucai, serta bawang goreng di atasnya.

“Nasi lengko ini mirip dengan nasi pecel, tapi punya ciri khas sendiri, sayurannya cuma tauge dan ketimun, ada irisan daun kucai, tahu dan tempe goreng. Disantap tanpa lauk  tambahan pun, rasanya tetap nikmat untuk sarapan pagi. Cucu saya sangat suka nasi lengko ini,” ujar wanita kelahiran Kejaksan, Cirebon 70 tahun ini.

Untuk menambah selera makan menurutnya, nasi lengko ini biasanya disantap dengan kerupuk.

Bahkan nasi lengko khas Cirebon ini bisa disandingkan dengan sate kambing. “Ya, kalau di Pasar Kramat, Kejaksan itu banyak yang makan nasi lengko dipadu sate kambing, jadi lebih nikmat,” tutur nenek 8 cucu ini.

Menurutnya, saat Pemerintah DKI Jakarta kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membatasi kegiatan di luar rumah, maka, mencoba resep masakan daerah untuk disajikan pada keluarga bisa menjadi pilihan.

Seperti halnya masakan khas Cirebon yang banyak ragamnya, tidak hanya nasi lengko, docang atau lontong sayur, nasi jambang dan lainnya.

“Nah, pekan ini saya buat nasi lengko, tapi bumbu kacangnya tidak terlalu pedes karena harga cabai lagi mahal,” ujarnya.

Aisyah, salah satu cucu Endon mengaku sangat menyukai nasi lengko buatan neneknya. Apalagi kalau siraman bumbu kacangnya pedes bisa menambah nafsu makan.

“Ya, saya suka nasi lengko ini, rasanya nikmat. Tapi ini tidak terlalu pedes karena kan katanya cabai lagi mahal,” pungkas Aisyah.

Lihat juga...