Ongol-Ongol, si-Kecil Warna Warni yang Menggugah Selera

Editor: Mahadeva

Ongol-Ongol makanan tradisional yang terbuat dari bahan utama singkong ketela, yang dbiat oleh Kristina, warga Kulon Progo, Sabtu (23/1/2021) - Jurnalis Jatmika H Kusmargana

YOGYAKARTA – Rasanya gurih berpadu manis, teksturnya agak kenyal, serta memiliki tampilan warna warni, itulah makanan ringan yanv biasa disebut warga Kulon Progo, DI. Yogyakarta dengan Ongol-Ongol.  Meski sudah semakin jarang ditemui, makanan tradisional yang termasuk sebagai jajan pasar tersebut, berbahan baku utama singkong atau ketela.

Di wilayah Yogyakarta, Ongol-Ongol masih sering dijumpai di pasar-pasar tradisional. Selain sebagai camilan sehari-hari, Ongol-Ongol juga biasa disajikan sebagai menu makanan berbagai kegiatan seperti hajatan atau pengajian.

Salah seorang warga Kulonprogo, yang biasa membuat Ongol-Ongol singkong, Kristina mengatakan, untuk membuat Ongol-Ongol tidaklah sulit.  Bahan yang perlu disiapkan antara lain, ketela, parutan kelapa, santan, gula pasir, bahan pembuat agar-agar, sedikit garam serta pewarna makanan.  “Pertama parut singkong hingga halus. Lalu tambahkan air hingga menjadi adonan. Masukkan santan, gula pasir, garam, serta bahan pembuat agar-agar, lalu aduk hingga rata,” katanya Sabtu (23/01/2021).

Salah seorang warga Kulonprogo, yang biasa membuat Ongol-Ongol singkong, Kristina, saat ditemui Cendana News, Sabtu (23/1/2021) – Foto Jatmika H Kusmargana

Langkah selanjutnya, bagi adonan menjadi dua atau tiga bagian. Tambahkan pewarna makanan, lalu tuangkan satu per satu adonan secara berlapis. Kukus di dalam loyang hingga matang. “Jika sudah matang, potong-potong berbentuk kotak. Lalu guling-gulingkan pada parutan kelapa yang telah dikukus hingga merata. Ongol-Ongol singkong-pun siap disajikan,” katanya.

Adanya campuran agar-agar membuat tekstur Ongol-Ongol empuk saat digigit. Meski begitu, tekstur serat singkong yang kesat akan tetap terasa.  Rasa gurih yang berasal dari santan dan parutan kelapa, mendominasi cita rasa Ongol-Ongol yang khas. Namun tetap dengan sentuhan rasa manis yang muncul dari gula.

Warnanya yang mencolok, biasanya berwarna hijau dan merah, berpadu taburan parutan kelapa berwarna putih, menjadikan Ongol-Ongol begitu menarik dan menggugah selera. Apalagi dengan kandungan gizi di dalamnya, yang kaya akan serat dan karbohidrat. Anda tertarik mencobanya?

Lihat juga...