Operasional Pasar dan Swasta di Bekasi Dibatasi hingga Pukul 18.00 WIB

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Pemerintah Kota Bekasi telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 556/33/Set.Covid-19 hingga 25 Januari 2021, di mana pasar tradisional dan swasta hanya bisa beroperasi hingga pukul 18.00 WIB guna pengendalian penyebaran virus Covid-19, 

Menanggapi hal tersebut Sekretaris RWP Pasar Tradisional Kranji, Sri Mulyono, mengakui pedagang pasar tidak mempersoalkan pembatasan tersebut. Dikatakan Pasar Kranji Baru biasanya beroperasi mulai pukul 17.00 WIB hingga malam atau dari pagi. Tapi Pasar Kranji dibatasi hingga pukul 21.00 WIB.

“Tentunya tidak masalah dengan pembatasan jam operasional pasar tradisional mulai dari pukul 08.00-18.00 WIB. Pedagang Pasar Kranji sudah biasa, sebelumnya juga pernah dilakukan, artinya hanya tinggal menata lagi saja,” ujar Sri Mulyono dikonfirmasi Cendana News, Selasa (12/1/2021).

Namun demikian imbuhnya berharap ada kelonggaran, karena pasar tradisional rata-rata beroperasi dari sore hingga tengah malam seperti Pasar Bantargebang, Pasar Kranji dan lainnya di Kota Bekasi. Seperti di Kranji menyiasati dengan melakukan pembatasan di luar pasar.

Sekretaris RWP Kranji Baru, Sri Mulyono di Kota Bekasi, Selasa (12/1/2021). -Foto: M, Amin

Menurutnya pedagang pasar akan dialihkan ke dalam untuk menghindari kerumunan di depan areal pasar. Dipindah ke dalam tetap mengikuti protokol kesehatan, untuk kepentingan bersama.

“Pembatasan tentunya untuk kepentingan bersama. Dan pemberlakuannya menyeluruh tidak hanya pasar tradisional di Kota Bekasi, kan dalam edarannya. Termasuk pasar modern, ikut dibatasi,” tukasnya.

Oleh karenanya pengelola dan pedagang di Pasar Kranji, sudah sepakat untuk melakukan penertiban bersama. Bahkan tidak sedikit dari pedagang berhenti berjualan sementara atas kesadaran sendiri.

Hal senada juga diakui pedagang Pasar Jatiasih. Namun demikian pasar tersebut biasa buka dari pagi hingga sore. Atas edaran baru selama dua pekan ke depan itu mereka tidak terlalu mempersoalkan.

“Pasar tradisional Jatiasih, sudah biasa. Tentu mengikuti edaran, di sini Jan operasional sebenarnya dari pagi hingga sore dengan ada pembatasan tentu tidak terlalu ribet dan sudah biasa sebelumnya,” ujar Ucok pedagang Pasar Jatiasih.

Diketahui terhitung hingga  25 Januari 2021 Pemerintah Kota Bekasi kembali pada Standarisasi Protokol Kesehatan sebagai berikut yakni pasar tradisional dan swasta  dibatasi setiap hari beroperasi dari Pukul 08.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Aktivitas jual beli hanya dilakukan di los/kios dan counter, pedagang kaki Lima yang berada di dalam / luar area pasar (jalan, trotoar, area parkir) dilarang beraktivitas dan apabila melanggar akan ditindak tegas melalui penertiban dan pengangkutan oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bekasi dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

Namun demikian bagi pedagang kaki lima di Pasar Baru Bekasi, Pasar Kranji Baru, Pasar Bantargebang dan Pasar Kranggan dengan pembatasan jam operasional setiap hari pukul 21.00 sampai dengan 05.00 WIB.

Pasar Teluk Buyung, dengan adanya Pasar Kue Pagi Chandrabhaga jam operasional mulai Pukul 02.00 WlB. Pasar Tradisional milik pemerintah maupun swasta diwajibkan melaksanakan ketentuan sesuai dengan protokol kesehatan antara lain para pengelola dan pengawas pasar tradisional/swasta bekerja sama dengan Rukun Warga Pedagang Pasar melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin/terjadwal.

Lihat juga...