Pantai Selatan Jabar Berpotensi untuk Budi Daya Udang

Editor: Mahadeva

TASIKMALAYA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendorong masyarakat disepanjang pesisir selatan Jawa Barat (Jabar), bisa mengoptimalkan potensi tambak udang vaname.

Kegiatan tersebut dapat mendukung kejayaan ekonomi warga setempat pada khususnya. “Saya inginnya, di seluruh wilayah Selatan Jabar, tidak ada lagi lahan menganggur yang tidak bermanfaat,” ujar Kang Emil, saat memanen secara parsial tambak Qini Vaname 2, di Pesantren Tharekat Idrisiyyah, yang ada di Jalan Raya Ciheras, Desa Ciandum, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (23/1/2021).

Kang Emil mengapresiasi Pesantren Tharekat Idrisiyyah, sebagai salah satu pelopor aquaculture, khususnya tambak udang di Jabar bagian Selatan. Meski ukuran tambak hanya 40×60 meter, namun isinya ada ribuan udang. Tambak Qini Vaname tersebut menjadi percontohan, bahwa pantai selatan Jabar bisa menghasilkan nilai ekonomi yang luar biasa.

Ia berharap, kesuksesan Pesantren Tharekat Idrisiyyah melalui koperasi pesantren yang berhasil mengelola tambak-tambak udang vaname, sampai menghasilkan kesejahteraan untuk pesantren dan santri, bisa menjadi daya tarik petani lokal untuk belajar membudidayakan dang vaname.

Udang Qini Vaname produksi Pesantren Tharekat Idrisiyyah – Foto : Ist/ M Amin
Lihat juga...