Pasarkan Produk IKM, Pemkot Tanjungpinang Gandeng Toko Modern

TANJUNGPINANG  – Pemerintah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau menggandeng toko modern untuk mempromosikan dan meningkatkan pemasaran produk industri kecil dan menengah (IKM) di daerah setempat.

Kerja sama tersebut sudah diresmikan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkot Tanjungpinang dan toko modern terkait dengan penyediaan ruang promosi, pemasaran, dan penjualan produk IKM.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, di Tanjungpinang, Jumat, menyebut enam toko modern/swalayan besar yang sudah siap bekerja sama, yaitu Pinang Lestari, Pinang Kencana, Wellcome, Zoom, Pasar Raya Bintan 21, dan Kurnia.

“Kerja sama ini bertujuan untuk memfasilitasi produk IKM agar bisa dipasarkan dengan menyediakan tempat khusus,” katanya.

Pemkot dan swalayan di daerah itu akan membuatkan etalase di setiap swalayan yang isinya produk-produk UMKM dan IKM, serta membantu promosi produk IKM supaya lebih dikenal masyarakat luas.

“Nanti ada Sales Promotion Girl (SPG) yang bantu promosikan produk IKM dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Silakan antar produknya ke swalayan, tidak dipungut biaya alias gratis,” ucapnya.

Ia menyebut kerja sama dengan toko modern ini upaya pemkot memberikan jaminan kepada UMKM dan IKM agar mampu menawarkan produknya kepada masyarakat secara luas.

“Tidak perlu khawatir. Kita juga jamin kemasan produknya menarik, supaya mengundang konsumen untuk membelinya,” tutur Rahma.

Salah seorang pedagang IKM keripik ubi pedas di Tanjungpunang, Sudir, menyambut baik kerja sama pemkot dan pihak toko modern tersebut.

Dia mengaku siap menjual produknya ke sejumlah swalayan yang telah bekerja sama dengan pemerintah kota setempat.

“Selama ini produk saya terkendala pemasaran. Alhamdulillah, kini ada kesempatan buat mempromosikan lebih luas ke masyarakat, tentu ini peluang besar yang harus dimanfaatkan oleh pedagang IKM di Tanjungpinang di tengah masa pandemi,” kata dia. (Ant)

Lihat juga...