Pasokan Gas Elpiji Lancar, Dukung Pelaku Usaha di Lamsel

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Sempat mengalami ketersendatan pasokan gas bersubsidi ukuran 3 kilogram, kini stok dan pasokan kembali lancar.

Mimin, salah satu pelaku usaha penjualan nasi uduk menyebut, gas melon bersubdisi sempat sulit dicari pada warung pengecer. Namun lancarnya distribusi sejak awal pekan ini, membuat dia mudah memperoleh bahan bakar tersebut.

Penggunaan gas elpiji bersubsidi ukuran 3 kilogram membantu usaha Mimin pedagang nasi uduk di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Selasa (5/1/2021) – Foto: Henk Widi

Pada sejumlah pengecer ia menyebut, membeli tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram seharga Rp25.000. Ia menyebut, memiliki tiga tabung gas yang akan dipergunakan olehnya untuk memasak.

Usaha berjualan nasi uduk, gorengan dan makanan tradisional sebutnya sangat mengandalkan gas elpiji. Ia memastikan harga masih wajar pada level pengecer.

Mimin bilang, kebutuhan gas vital untuk memasak sekaligus menjadi modal operasional pada usaha miliknya. Sebagai cadangan untuk mengatasi gas elpiji ukuran 3 kilogram habis, ia memilih mempergunakan ukuran 5,5 kilogram atau Bright Gas.

Bagi konsumen sekaligus pelaku usaha pasokan lancar di sejumlah pengecer akan membantu usaha skala kecil yang dimiliki.

“Bagi konsumen ibu rumah tangga seperti saya dengan standar harga eceran yang terjangkau masih cukup wajar. Asalkan pasokan lancar di pengecer yang kerap mendapatkan dari pangkalan atau agen gas elpiji. Terlebih ketergantungan pada gas sudah berlangsung lama, imbas kompor minyak tanah tak lagi dipakai,” terang Mimin saat ditemui Cendana News, Selasa (5/1/2021).

Mimin menyebut, alternatif untuk bahan bakar kerap mempergunakan kayu. Namun pemakaian kayu sebutnya, hanya untuk proses memasak air serta memanaskan sayur.

Pemakaian alat penanak nasi elektrik sebutnya, ikut membantu penghematan gas. Terlebih subsidi listrik dari pemerintah dipastikan diperpanjang. Kebijakan itu membantu pelaku usaha kecil seperti dirinya.

Salah satu ibu rumah tangga, Harsini, menyebut pasokan gas elpiji mulai lancar. Selain di pengecer ia bisa membelinya langsung ke SPBU 21.101.02 Desa Kekiling.

Pasokan yang lancar di SPBU tersebut membantu sejumlah ibu rumah tangga. Terlebih harga bagi konsumen akhir hanya Rp18.000 yang membantu masyarakat ekonomi kecil. Gas yang habis kerap menyulitkan baginya untuk memasak.

“Bagi masyarakat pasokan gas yang lancar di pengecer, distributor tentunya akan sangat membantu,” bebernya.

Distribusi gas elpiji subsidi ukuran 3 kilogram setiap pekan cukup lancar diakui Idris petugas di SPBU 21.101.02 Desa Kekiling. Ia sekaligus mengklarifikasi berita Cendana News Minggu (3/1/2021) yang memperlihatkan antrean pembeli gas. Sejumlah konsumen sebutnya membeli seharga Rp18.000 bukan Rp24.000 per tabung.

Prioritas pasokan gas elpiji ukuran 3 kilogram sebut Idris diperuntukkan bagi pengguna akhir. Pembatasan juga telah dilakukan meminimalisir tabung gas dijual secara eceran. Sebanyak 175 tabung gas elpiji melon tersebut dikirim langsung dari depot setiap Senin dan Kamis. Pembeli yang datang dan terlihat mengantre imbas stok di pengecer yang belum mendapat pasokan.

“Harga tetap stabil Rp18.000, jadi kalau ada yang bilang harga sama dengan pengecer itu miskomunikasi dari konsumen,” cetusnya.

Kelancaran pasokan gas elpiji subdisi untuk masyarakat miskin juga terjadi di SPBU 21.351.05, Jalan Hasanudin, Teluk Betung, Bandar Lampung.

Lukman, salah satu pedagang bakso menyebut, sempat tersendat aktivitas pelaku usaha, dan kini mulai bisa membeli gas elpiji dengan lancar. Di pengecer ia bisa membeli seharga Rp25.000 namun di pangkalan elpiji di Jalan Hasanudin ia hanya membeli Rp18.000 per tabung.

Meski dibatasi, ia terbantu dengan lancarnya pasokan gas elpiji melon. Pasokan gas sebutnya, sangat penting untuk usaha berjualan bakso.

Modifikasi gerobak pun telah dibuat untuk penggunaan bahan bakar gas. Sebagai langganan ia kerap membeli tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram di SPBU Kangkung dengan distribusi yang lancar.

Lihat juga...