Pelatih Persib Usulkan Liga 1 2020 Dihentikan

Skuat Persib Bandung yang mendapatkan izin menggunakan stadion Gelora Bandung Lautan Api untuk Liga 1 2020 di masa pandemi COVID-19 – foto Ant

JAKARTA – Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengusulkan kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru, untuk menghentikan kompetisi Liga 1 Indonesia 2020 dan fokus menatap musim baru.

“Jadi pesan saya adalah, berhenti memikirkan kompetisi 2020 bagaimanapun posisi di klasemen, hentikan itu berdasarkan peraturan dan fokus menghadapi liga baru musim 2021,” ujar Robert, Minggu (3/1/2021).

Alasan Robert meminta kompetisi musim 2020 sebaiknya dihentikan, karena jika memaksa tetap bergulir pada Februari, otomatis seluruh klub harus sudah berbenah pada Januari ini. Sementara hingga saat ini, belum ada tanda-tanda kompetisi akan segera dimulai. Waktu yang tersisa tak akan ideal untuk persiapan menyambut kompetisi, apabila tetap memaksa berlanjut pada Februari.

Di sisi lain, saat ini hampir seluruh tim telah meliburkan aktivitas latihan bersama. Dan para pemain asing-pun memilih pulang ke negara asalnya. Jika kompetisi berlanjut, pemain asing tak mungkin bisa dipanggil secara mendadak, terlebih adanya peraturan keluar masuk suatu negara. “Tidak ada waktu mempersiapkan tim demi menuntaskan kompetisi 2020 setelah sepuluh bulan terhenti dan saat liga nanti dimulai lagi artinya sudah sebelas bulan (kompetisi berhenti),” kata pelatih asal Belanda tersebut.

Robert menegaskan, dirinya sudah tidak terlalu berambisi menatap Liga 1 2020, dan hanya berharap PSSI mengeluarkan keputusan yang bijak dengan segala pertimbangan yang ada. “Saya menyatakan dengan jelas, bahwa kami tidak memainkan liga untuk musim 2020 lagi, jika sampai saat ini tidak kunjung ada klarifikasi soal itu,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...