Pembelajaran Tatap Muka di Mukomuko, Ditunda

MUKOMUKO  – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menunda sementara belajar tatap muka di sekolah dari sedianya tanggal 4 Januari menjadi 7 Januari 2021 guna mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di daerah ini.

“Mengapa tidak tanggal 4 Januari 2021 karena banyak mereka baik guru maupun siswa baru pulang kampung dan rawan terjadinya penularan virus corona, untuk itu belajar tatap muka kemungkinan hari Kamis (7/1),” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Ruslan di Mukomuko, Selasa.

Semua sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama yang tersebar di Kabupaten Mukomuko sebelumnya berencana menerapkan belajar tatap muka pada tanggal 4 Januari 2021.

Ia menyatakan, pihaknya sebelumnya telah memberikan kewenangan kepada semua sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama di daerah ini untuk menerapkan belajar tatap muka.

Selain itu sekolah membuat surat pernyataan terkait kesiapannya dalam melaksanakan protokol kesehatan dan surat penyataan dari orang tua siswa yang menyetujui belajar tatap muka pada masa pandemi COVID-19.

Ia mengatakan, pihaknya telah turun ke sejumlah sekolah di Kecamatan Penarik untuk memastikan kesiapan sekolah dalam menerapkan belajar tatap muka dan kemungkinan mereka siap pada hari Kamis (7/1).

Dari hasil pengecekan di 11 sekolah di Kecamatan Penarik, katanya, sejumlah sekolah di wilayah ini telah menyiapkan berbagai alat untuk protokol kesehatan untuk pencegahan penularan virus corona seperti alat pemeriksa suhu tubuh, tempat cuci tangan dan sabun dan masker untuk siswanya.

Kemudian sejumlah sekolah di daerah ini juga telah menyiapkan jadwal untuk setiap siswanya masuk sekolah diatur berdasarkan kelompoknya dan jadwal ini telah disusun oleh sekolah tersebut.

Selanjutnya pihaknya masih menunggu laporan hasil pengecekan seluruh sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama dari unit pelaksana teknis dinas pendidikan dan kebudayaan. (Ant)

Lihat juga...