Pemkab Berhentikan Ratusan Tenaga Honorer Nagan Raya

SUKA MAKMUE — Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh sejak akhir tahun 2020 resmi memberhentikan ratusan tenaga honorer/tenaga harian lepas (THL) yang bekerja di sejumlah lembaga pemerintah di daerah ini.

“Benar, sejak akhir tahun 2020 kemarin sebagian besar THL sudah berakhir masa kerjanya,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh Bambang Surya Bakti, Selasa (5/1/2021).

Menurutnya, pemberhentian setiap tenaga honorer atau THL di Kabupaten Nagan Raya, Aceh disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing organisasi pemerintah daerah (OPD).

Hal itu, kata dia, mengingat penggunaan THL selama ini mengacu pada kewenangan setiap pimpinan lembaga pemerintah di daerah itu.

“Kan SK (surat keputusan)-nya diteken langsung oleh setiap kepala dinas atau badan,” katanya dan menambahkan kewenangan tersebut ada di setiap pimpinan lembaga pemerintah di daerah tersebut.

“Kalau di BKPSDM sudah kita perpanjang, karena jumlahnya hanya empat orang saja. Mereka terdiri atas petugas jaga malam dan petugas kebersihan,” katanya.

Mengenai penyebab pemberhentian ratusan tenaga honorer di lembaga pemerintah setempat, apakah terkait alasan anggaran atau penyesuaian kebutuhan tenaga harian lepas di setiap lembaga pemerintah di daerah itu,  Bambang Surya Bakti tidak menjelaskannya. (Ant)

Lihat juga...