Pempek Campur Bihun, Sajian Kuliner Menggugah Selera

Editor: Makmun Hidayat

BANDUNG — Siapa yang tidak tahu kuliner populer pempek? Masakan khas asal Kota Palembang, Sumatera Selatan yang terbuat dari adonan tepung dan ikan tenggiri ini merupakan salah satu kuliner favorit nusantara.

Pempek memiliki sejumlah varian, mulai dari pempek jenis kapal selam, adaan, kulit, hingga pempek lenjer. Kudapan ini lebih nikmat karena disajikan bersama kuah cuka, yang dipadukan oleh rasa pedas, asam dan manis sehingga cocok dengan lidah orang Indonesia.

Pempek sendiri termasuk jenis kuliner yang mudah didapatkan, tidak terkecuali di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Nandang (47), pedagang pempek di Desa Pakutandang, Kecamatan Ciparay memberikan sedikit inovasi pada jualannya itu, dengan menambahkan bihun kaca pada setiap pempek yang disajikan, sehingga dengan satu porsi saja, dijamin dapat mengenyangkan.

“Kalau hanya pempek dan kuah kan sedikit, tapi kalau ditambahin bihun jadi lebih banyak dan bikin kenyang. Pembeli juga suka,” kata Nandang saat ditemui di lapaknya, persis di area Alfamidi Pakutandang.

Selain itu, pempek jualan Nandang juga termasuk murah. Hanya dengan Rp5.000 pembeli sudah dapat menikmati satu porsi pempek berisi telur dan berukuran besar.

“Kita jualannya murah-murah saja, yang penting laris manis. Tapi kebanyakan pembeli sih kalau pesan itu dua porsi Rp10.000,” tandasnya.

Di musim penghujan seperi saat ini, Nandang mengaku pempek jualannya semakin laris manis. Memang, beberapa penggemar pempek, seperti Risma, mengkonsumsi pempek di musim dingin terasa jauh lebih nikmat dari musim panas.

“Pempek itu kan dominan pedasnya, jadi kalau dimakan pas hujan-hujan itu lebih nikmat dan lebih segar. Menggugah selera,” kata Risma saati ditemui Cendana News di warung Pempek Nandang.

Risma mengakui kelezatan pempek bikinan Nandang. Terlebih menurutnya, harga pempek itu sangat murah dan banyak.

“Kebetulan juga warungnya dekat dari rumah. Jadi gampang kalau mau beli. Dan porsinya besar, kalau lagi ngga ingin makan nasi, bisa ganti pakai pempek satu porsi aja cukup mengenyangkan,” tuturnya.

Lihat juga...