Penetapan Destinasi Wisata TN Komodo Geliatkan Pariwisata

Editor: Makmun Hidayat

ENDE — Pariwisata di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) diperkirakan akan menggeliat usai pembentukan Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo sebagai destinasi wisata super premium.

Untuk itu destinasi-destinasi wisata dan infrastruktur pendukungnya perlu diperkuat untuk menyambut wisatawan khususnya mancanegara yang diperkirakan melonjak usai pandemi Covid-19 berakhir.

“Hadirnya BOP Labuan Bajo dan penetapan Taman Nasional Komodo sebagai destinasi wisata super premium bisa memicu peningkatan kunjungan wisatawan,” sebut pegiat pariwisata di Kabupaten Ende, Ferdinandus Watu saat dihubungi Cendana News, Minggu (17/1/2021).

Ferdinandus Watu, pegiat pariwisata yang juga Kepala Desa Detusoko Barat, saat ditemui di desanya, Kamis (14/1/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Nando sapaannya mengaku, dirinya selalu memotivasi masyarakat di Desa Detusoko Barat untuk membenahi infrastruktur pariwisata seperti homestay yang selama ini digelutinya.

Ia mengaku,sebagai desa penyangga kawasan Taman Nasional Kelimutu (TN Kelimutu), kunjungan wisatawan mancanegara ke desa-desa penyangga meningkat sehingga perlu dibenahi fasilitas homestay yang selama ini ada.

“Saya mendorong masyarakat untuk mempersiapkan homestay untuk dijadikan penginapan bagi wisatawan.Cukup satu dua kamar saja setiap rumahnya sebab penginapan yang ada masih belum mencukupi,” ucapnya.

Nando menyebutkan, dirinya pun selaku kepala desa yang baru menjabat,fokus untuk mengembangkan Desa Detusoko Barat menjadi desa wisata termasuk mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) fokus di pariwisata.

“Memang saat ini pariwisata sedang mati suri akibat merebaknya pandemi corona. Namun saya yakin kunjungan wisatawan terutama wisatawan mancanegara akan meningkat pesat setelah pademi corona berakhir,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) NTT, Agustinus Manua Bataona mengaku optimis kunjungan wisatawan mancanegara ke Flores dan NTT meningkat pasca pandemi corona.

Menurut Agus sapaannya,wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo pastinya akan mengunjungi destinasi wisata lainnya di Pulau Flores seperti Taman Nasional Kelimutu yang terkenal dengan Danau Kelimutunya.

“Banyak wisatawan mancanegara yang sedang antre memesan paket wisata ke Flores termasuk ke Taman Nasional Komodo. Corona memberi dampak positif bagi destinasi wisata dan pelaku wisata untuk berbenah guna menyambut kedatangan wisatawan,” ungkapnya.

Lihat juga...