Pentingnya Edukasi Penghijauan di Kawasan Hutan

BATURAJA  – Lembaga Lingkungan Hidup (LLH) Jejak Bumi Indonesia Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan gencar memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya melestarikan dan menghijaukan kawasan hutan dan lahan di wilayah itu.

“Apalagi saat musim pancaroba penting sekali menjaga kawasan hutan untuk mencegah bencana alam,” kata Pendiri LLH Jejak Bumi Indonesia Ogan Komering Ulu (OKU), Hendra Setyawan di Baturaja, Minggu.

Dia mengemukakan, edukasi ini diberikan kepada masyarakat hingga ke pelosok desa agar memahami pentingnya menjaga kawasan hutan seperti tidak melakukan penebangan liar untuk membuka lahan pertanian.

“Kegiatan ini kami lakukan guna pemulihan fungsi hutan, mencegah kekeringan lahan, mencegah banjir dan memperbaiki Daerah Aliran Sungai (DAS),” katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya memberikan pendampingan kepada masyarakat agar memahami pentingnya melestarikan hutan dan lahan terutama menghijaukan kembali lahan kritis.

Jejak Bumi Indonesia juga mengajak masyarakat melakukan penanaman pohon produktif yang dapat menguntungkan baik dari sisi ekologi maupun ekonomi penduduk di wilayah itu.

Selama ini menurut Hendra, masyarakat cenderung takut dan menolak setiap ada program penanaman pohon produktif di lahan mereka.

“Alasan rata-rata masyarakat takut lahan mereka akan dikuasai. Padahal, tanaman produktif ini akan menjadi milik masyarakat dan dapat mensejahterakannya,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...