Perkedel Ikan Cakalang, Hidangan Lezat Mudah Dibuat

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Menu lauk perkedel ikan cakalang atau tuna bisa menjadi sajian hidangan nan lezat. Apalagi bahannya mudah didapat karena hampir setiap hari dijual nelayan di TPI Alok, Maumere, sebagai salah satu hasil produksi perikanan yang melimpah di Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di Sikka, masyarakat hanya memasak atau mengolah ikan cakalang dengan cara sederhana yakni digoreng, direbus atau hanya dibakar saja sebab mudah dalam pengolahannya.

“Saya terkadang sebulan dua kali membuat masakan perkedel  ikan cakalang atau bakso cakalang,” kata Maria W. Parera warga Kelurahan Wairotang, saat ditemui Cendana News di rumahnya, Sabtu (16/1/2021).

Pegiat kuliner, Maria W Parera saat ditemui di rumahnya di Wairotang, Sabtu (16/1/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Maria menjelaskan, bahan-bahannya yakni ikan cakalang dibersihkan lalu diambil dagingnya dan digiling menggunakan mol hingga halus.

Ia menambahkan, siapkan tepung bumbu plus bawang merah, bawang putih, lada secukupnya, daun seledri, minyak goreng, garam dan penyedap masakan sesuai selera.

” Haluskan bawang merah, bawang putih dan lada serta potong daun seledri berukuran kecil. Ikan cakalang yang sudah dihaluskan dicampur dengan tepung bumbu dan diaduk hingga merata sambil ditambahkan sedikit air,” terangnya.

Maria menambahkan, masukan bawang merah, bawang putih, dan lada yang sudah dihaluskan bersama garam dan penyedap rasa secukupnya ke dalam daging lalu campur dan aduk hingga benar-benar merata.

Dia mengatakan, seledri yang sudah dipotong berukuran kecil dimasukkan ke dalam campuran daging ikan cakalang lalu diaduk kembali hingga benar benar merata.

“Sesudahnya campuran daging dan bumbu tersebut dibuat berbentuk bulat dengan tangan. Bisa juga tidak dibentuk dan langsung digoreng hingga matang lalu angkat dan tiriskan minyaknya hingga kering lalu siap dihidangkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Lusiana Nona warga Kelurahan Wairotang  mengaku jarang mengonsumsi perkedel apalagi perkedel cakalang kecuali dihidangkan saat pesta pernikahan.

Menurut Lusi sapaannya, perkedel cakalang pun hampir tidak pernah dijual di rumah makan kecuali perkedel daging sapi tetapi itu pun hanya beberapa rumah makan di Kota Maumere yang menyediakannya.

“Potensi ikan cakalang dan tuna di Sikka maupun di Flores sangat besar, namun tidak banyak yang mengolahnya menjadi bakso ataupun perkedel untuk dijual,” tuturnya.

Lusi meminta pemerintah untuk memberikan pelatihan bagi ibu-ibu rumah tangga untuk mengolah ikan cakalang maupun tuna menjadi bakso, perkedel maupun abon ikan agar bisa dikonsumsi sendiri maupun dijual.

Lihat juga...