Perlancar Komunikasi, Kominfo Bangun 166 Menara di Nunukan

NUNUKAN  – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membangun 166 menara di Kabupaten Nunukan, Kaltara untuk memperlancar jaringan telekomunikasi di wilayah-wilayah yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid di Nunukan, Kamis, menyebutkan, pembangunan menara ini atas bantuan Kementerian Kominfo untuk seluruh wilayah di Kabupaten Nunukan yang dikerjakan secara bertahap mulai 2020-2024 dengan menggunakan APBN.

Pada 2020, Kemkominfo targetkan membangun 80 menara tetapi berhubung pandemi COVID-19 sehingga belum direalisasikan seluruhnya meskipun anggarannya dialihkan untuk 2021.

Bupati mengharapkan pembangunan menara telekomunikasi yang tertunda pada 2020 akan direalisasikan pada 2021 sehingga wilayah-wilayah yang belum terjangkau jaringan dapat dinikmati masyarakat.

Mengenai lokasi pembangunan menara ini disurvei langsung oleh Kementerian Kominfo yang difasilitasi oleh Pemkab Nunukan.

“Mudah-mudahan pada 2024 seluruh wilayah yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi di Nunukan ini sudah terkoneksi semuanya,” harap Asmin Laura Hafid.

Keberadaan menara telekomunikasi ini, dia mengharapkan akses internet bisa dinikmati oleh seluruh warga di wilayah pedalaman, perbatasan dan pulau terluar yang ada di Kabupaten Nunukan. (Ant)

Lihat juga...