Leeds Jadi Korban Kejutan Piala FA, Chelsea dan City Melenggang

JAKARTA – Chelsea dan Manchester City melenggang ke putaran keempat Piala FA, ketika Leeds United menjadi korban kejutan dalam rangkaian pertandingan babak ketiga, kompetisi sepak bola tertua di Inggris itu, Minggu (10/1/2021).

Chelsea, yang menjamu Morecambe di Stamford Bridge, London, menggilas tim strata keempat dengan kemenangan telak 4-0. Bahkan Timo Werner dan Kai Havertz, yang kerap menjadi sasaran kritik karena kesulitan beradaptasi di Chelsea, masing-masing turut menyumbangkan satu gol dalam kemenangan tim besutan Frank Lampard itu.

Mason Mount dan Callum Hudson-Odoi, melengkapi daftar pencetak gol kemenangan Chelsea yang membuat mereka melangkah ke putaran keempat Piala FA. Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Etihad, tuan rumah Manchester City menang dengan skor 3-0 atas tim Divisi Championship, Birmingham City. Bernardo Silva, mencetak dua gol hanya setelah 15 menit pertandingan berjalan, sebelum Phil Foden menambah keunggulan City pada menit ke-33.

Kendati gagal menambah gol di tengah dominasi penampilan di babak kedua, tim besutan Pep Guardiola patut berpuas, bisa melangkah ke babak selanjutnya. Terlebih Kyle Walker dan Gabriel Jesus, yang sempat menepi karena positif COVID-19 sudah kembali tampil.

Sayangnya, nasib Chelsea dan City tak bisa ditiru Leeds, yang menjadi korban lakon kejutan Piala FA. Mereka dipecundangi tim strata keempat Crawley Town, dan menelan kekalahan 0-3 di Stadion The People’s Pension. Kendati Marcelo Bielsa menurunkan sejumlah pemain terbaiknya, Leeds gagal mencetak satu gol pun sepanjang babak pertama. Alih-alih justru gawang Leeds, yang dikawal kiper pelapis Kiko Casilla, jebol dua kali dalam delapan menit pertama babak kedua, setelah dibobol oleh Nick Tsaroulla dan Ashley Nadesan.

Bukannya membalas, Leeds malah kebobolan lagi pada menit ke-70, akibat sontekan jarak dekat Jordan Tunnicliffe yang mengunci kemenangan Crawley menjadi 3-0. Leeds bergabung dengan tim Liga Premier lain, West Bromwich Albion, yang sebelumnya juga menjadi korban kejutan, setelah disingkirkan tim strata ketiga Blackpool lewat adu penalti. Sementara itu Cheltenham Town, Bristol City dan Barnsley, juga melempangkan langkah mereka ke putaran keempat Piala FA. (Ant)

Lihat juga...