Lebaran CDN

Pipa PDAM Bocor Genangi Jalan H. Bori

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Pipa PDAM milik Tirta Patriot baru selesai dikerjakan berlokasi di Jalan Raya Wibawamukti 2, Kampung Kebantenan, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Namun terjadi kebocoran hingga berdampak lingkungan sekitar seperti di jalan H. Bori arah ke jalan Parpostel, tergenang air.

Pantauan di lokasi, genangan air menumpuk di dataran rendah hingga memutus badan jalan, karena airnya hampir selutut orang dewasa. Kondisi itu sudah lama terjadi dan dibiarkan hingga membuat pengendara harus melambat dan kondisi jalan pun mulai tergerus air.

Valve atau katup pengatur air yang terpasang tepat di Prapatan jalan Telkom tersebut membahayakan pengendara motor. Karena ada pula patok besi, tepat di atas katup, berada di tanjakan. Patok besi tersebut sudah banyak makan korban seperti tangki bensin kendaraan roda empat jebol karena nyangkut.

“Sudah puluhan kendaraan roda empat tangki bensinnya jebol karena nyangkut di patok besi. Ini kan  Prapatan kondisinya menanjak. Pas tepat di batas jalan dipasang besi oleh PDAM. Itu sangat bahaya. Maka kami tandai dengan patok,” ungkap Tinggul warga sekitar yang kerap mengatur arus lalu lintas di Prapatan Telkom kepada Cendana News, Rabu (20/1/2021).

Tinggul, warga sekitar yang kerap mengatur arus lalu lintas di Prapatan Telkom saat dijumpai Cendana News, Rabu (20/1/2021). Foto: Muhammad Amin

Ditegaskan, untuk kebocoran pada pipa PDAM itu sendiri sudah lama terjadi, tapi dibiarkan begitu saja tanpa ada perbaikan, meski sudah dikomplain warga.

Menurutnya, melubernya air dari pipa PDAM tersebut sudah terjadi sejak awal tahun lalu. Berawal sejak selesai galian, airnya bocor kecil, karena katup tepat di Prapatan jalan kendaraan besar sering lewat dan melindas gundukan lama. Maka lama kelamaan bocornya besar hingga terjadi genangan.

Hendar, Bagian Litbang PDAM Tirta Patriot dikonfirmasi terpisah membenarkan, bahwa kebocoran pipa tersebut adalah milik PDAM Tirta Patriot. Namun demikian jelasnya, bahwa itu dikerjakan oleh pihak ketiga dan belum ada penyerahan.

“Terima kasih atas laporannya, benar kebocoran pipa di Jalan Wibawamukti itu milik PDAM yang dikerjakan pihak ketiga, dan itu belum diserahkan ke PDAM dari pelaksana di lapangan,” ujarnya kepada Cendana News mengaku sudah berkoordinasi dengan unit Jatisari.

Dikonfirmasi terkait tiang besi yang ditimbun semen dan membahayakan pengendara, Hendar mengaku, akan berkoordinasi dengan pihak kontraktor. Ia pun menjelaskan bahwa bocornya air tersebut terjadi pada Valve yang terpasang tepat di Prapatan Telkom.

Dia juga menginformasikan bahwa pihak kontraktor akan turun ke lokasi untuk membenarkan kerusakan katup tersebut. Tapi setelah ditunggu tidak ada satu pun yang datang melakukan perbaikan.

Hingga saat ini kondisi air masih mengalir dan membuat jalur H. Bori menuju villa Nusa Indah tergenang air. Pengendara harus bergantian melintas.

Sementara, Humas PDAM, Rizky, mengaku, sudah mengontak langsung pelaksananya dan mereka siap memperbaiki.

“Pengerjaannya malam hari, tentunya, karena itu jalan raya, untuk menghindari kemacetan. Datang saja nanti malam,” jelasnya.

Lihat juga...