Polisi Bantu Evakuasi Warga dari Banjir di Tanah Laut

BAJARMASIN – Personel Polisi Lalu Lintas, baik dari Polda Kalsel, Polres Tanah Laut, maupun polsek ikut membantu mengevakuasi korban bencana banjir di kabupaten setempat.

“Curah hujan yang tinggi mengguyur wilayah Provinsi Kalsel, berdampak pada meningkatknya debit air dan meluapnya sejumlah aliran sungai yang mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah, salah satunya di Kabupaten Tanah Laut (Tala),” ucap Kapolda Kalsel, Irjen Pol. Drs. Rikwanto, SH., M.Hum, di Banjarmasin, Kamis (14/1/2021).

Dikatakannya, personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tala, Polda Kalsel, di bawah komando Kapolres Tala, AKBP Cuncun Kurniadi, SIK., bersama para personel menyusuri daerah-daerah yang terkena banjir seperti di Desa Pandahan, untuk membantu warga masyarakat, termasuk barang-barang untuk dibawa ke tempat yang lebih aman.

“Personel Polri di jajaran Polda Kalsel harus siap siaga untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan, dan selalu hadir di tengah-tengah mereka,” ucap Kapolda.

Di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Kalsel ,Kombes Pol Mochamad Rifa’i, SIK., mengatakan bahwa Polda Kalsel dan Polres Jajaran telah menyiagakan anggotanya untuk memberikan pertolongan dan bantuan kepada korban banjir, dengan harapan kehadiran polisi dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat.

“Para personel dikerahkan untuk mengevakuasi warga ke tempat yang aman. Selain evakuasi, Polda Kalsel melalui Polres jajaran juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait, untuk mendirikan posko penanggulangan bencana alam,” terang Kabid Humas.

Ia pun mengingatkan kepada seluruh personel untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan, mengingat cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini.

“Mari kita semua berdoa sembari berharap agar air cepat surut, sehingga masyarakat Kalsel khususnya Kabupaten Tala dapat beraktivitas seperti biasa,” tutur Kabid Humas. (Ant)

Lihat juga...