Porda Jabar Buka Cabang Pertandingan Sepak Bola Putri

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2022 membuka cabang baru pertandingan sepak bola putri. Hal tersebut langsung disambut baik Asosiasi Kota (Askot) PSSI Bekasi dengan menyiapkan tim yang sudah terbentuk.

Askot PSSI Bekasi, saat ini baru memiliki satu klub sepak bola putri yang resmi mendaftar. Otomatis jika tidak ada penambahan, klub sepakbola putri Patriot akan ditunjuk sebagai perwakilan dari Kota Bekasi. Namun demikian, waktu masih panjang dan peluang masih terbuka jika ada klub yang mau mendaftar.

“Porda Jabar 2022 membuka cabang pertandingan untuk sepak bola putri. Kota Bekasi baru ada satu klub, dan ini akan otomatis ikut di putaran Porda tidak melalui babak kualifikasi lagi. Kita baru satu klub yakni Klub Sepakbola Putri Patriot Chandrabaga terdaftar di Askot PSSI Bekasi,” ujar Muhammad AR, Ketua Askot PSSI kepada Cendana News, Jumat (22/1/2022).

Dikatakan, pelaksanaan Porda masih 2022, untuk itu masih ada kesempatan klub sepak bola putri yang mendaftar di Askot PSSI Kota Bekasi bertambah sehingga akan ada pilihan, untuk ditunjuk mewakili tim sepak bola putri mewakili Kota Bekasi di ajang bergengsi tersebut.

Menurutnya, tim sepak bola putri Kota Bekasi, selain klub putri Patriot Chandrabaga ada beberapa klub putri lainnya. Namun mereka belum mendaftar di Askot PSSI. Tim sepak bola putri tentunya memiliki peluang untuk mendapatkan medali. Karena KONI sendiri tidak akan mengikutkan jika tidak menjanjikan medali.

“Sepak bola putri memang kurang diminati, tapi saya sering melihat di beberapa wilayah turnamen sepak bola putri. Sehingga mungkin hanya ada beberapa kabupaten/kota yang ikut untuk cabang sepak bola putri di Porda Jabar 2022 nanti,” tegas AR mengaku di bukanya cabang pertandingan sepak bola putri, kesempatan bagus bagi tim Askot Bekasi.

Sementara, manajer klub Sepak Bola Putri Patriot, Berdiyanto, mengatakan, bahwa keberadaan klubnya sudah dua tahun dan telah beberapa kali mengikuti turnamen di beberapa daerah, baik di Jabar dan luar Jabar. Bahkan beberapa kali menjadi juara.

Berdiyanto tim manajer klub Sepak Bola Putri Patriot, saat ditemui di GOR Chandra Baga. Diakuinya seminggu tim asuhan menggelar empat kali latihan di beberapa lapangan bola di Kota Bekasi, Jumat (22/1/2021) – Foto: Muhammad Amin

“Selama ini sering ikut turnamen di luar, seperti di ajang Piala Kartini, bahkan mendapat juara pertama di Karawang dalam pertandingan antar-kota dan kabupaten,” ujar Berdiyanto.

Untuk persiapan Porda Jabar 2022, tim Sepak Bola Patriot masih membuka peluang pemain putri berbakat dengan mencari bibit baru di tingkat kelurahan dan kecamatan melalui kompetisi. Sehingga pemain berbakat akan diikutkan dalam Porda nanti.

Dia menegaskan, saat ini sebagai persiapan menghadapi Porda 2022 terus melakukan latihan seminggu empat kali di beberapa lokasi, di lapangan seperti di Rawalumbu, Gor Patriot Chandrabaga, dan tempat lainnya.

Ia berharap ada perhatian pemerintah tidak hanya kepada pemain putra saja, karena pemain sepak bola putri juga mampu memberi prestasi untuk mengharumkan nama Kota Bekasi.

“Total pemain sepak bola putri saat ini ada 25 orang. Tapi tentu ada penambahan sambil berjalan. Mereka semua baru usia 14-19 tahun atau usia sekolah dan ada yang kuliah,” tukasnya.

Untuk kemampuan pemain sepak bola putri seperti teknik dan fisik tidak berbeda dengan pemain putra. Untuk itu, rutinitas pembinaan melalui pelatihan terus dilakukan rutin seminggu empat kali untuk membentuk fisik sebagai persiapan Porda 2022.

Lihat juga...