Puluhan Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Sudah Tiba di Yogyakarta

YOGYAKARTA — Puluhan ribu dosis vaksin COVID-19 buatan Sinovac yang dikirim dari Biofarma, Bandung, Jawa Barat, tiba di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan DIY, Jalan Kyai Mojo, Kelurahan Bener, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta pada Selasa pagi pukul 06.09 WIB.

Berdasarkan pantauan di lokasi, puluhan ribu vaksin tersebut diangkut dengan truk boks berpendingin milik PT. Biofarma dengan mendapat pengawalan dua unit mobil lapis baja Barracuda milik Korps Brimob, serta sejumlah motor patwal.

Setelah memasuki Gudang Farmasi Dinkes DIY, sejumlah anggota Brimob Polda DIY bersenjata lengkap langsung menjaga ketat jalan ke arah gudang itu. Awak media maupun masyarakat tidak diperkenankan memasuki area tersebut.

Sebelumnya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menjelaskan bahwa proses vaksinasi COVID-19 di DIY akan dimulai pada 14 Januari 2021.

“Pelaksanaan imunisasi kita jadwalkan kira-kira 14 Januari dan diutamakan untuk (tenaga) kesehatan,” katanya.

Sultan menjelaskan untuk tahap pertama, DIY menerima 26.800 dosis yang diperuntukkan khusus bagi para tenaga kesehatan.

Berikutnya untuk tahap kedua, DIY bakal menerima 555.290 dosis yang diperuntukkan sektor pelayanan publik dan para lanjut usia (lansia).

Tahap ketiga, lanjut Sultan, akan dikhususkan bagi masyarakat kelompok rentan sebanyak 995.353 dosis dan tahap terakhir sebanyak 1.067.912 dosis vaksin untuk pelaku ekonomi yang esensial dan masyarakat lainnya.

Dengan demikian total keseluruhan dari empat tahap itu DIY mendapatkan jatah 2.605.179 dosis vaksin COVID-19.

Ia mengatakan pelaksanaan empat tahap vaksinasi COVID-19 di DIY membutuhkan 1.313 vaksinator atau orang yang bertugas melalukan vaksinasi. Sampai saat ini baru sebanyak 331 orang tenaga kesehatan yang sudah dilatih.

“Kita perlu ada kesiapan mulai tanggal 7 Januari untuk pendidikan, pelatihan, dan sebagainya,” kata Raja Keraton Yogyakarta ini. (Ant)

Lihat juga...