Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru di Pelabuhan Bakauheni Ramai Lancar

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Puncak arus balik libur tahun baru melalui pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (3/1) terpantau ramai lancar. Captain Solikin, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang utama Bakauheni, menyebut pengguna jasa penumpang pejalan kaki, kendaraan asal Sumatera tujuan Jawa dan sebaliknya tidak mengalami kemacetan. 

“Pintu masuk pelabuhan Bakauheni yang kerap stagnan oleh antrean terlihat ramai lancar. Tren arus balik libur Natal, akhir tahun dan tahun baru terbantu oleh pemberlakuan reservasi tiket online memakai aplikasi Ferizy. Pemakaian aplikasi menghindari potensi kepadatan dengan adanya tiket memakai barcode, sebelum masuk area pelabuhan,” kata Captain Solikin, saat ditemui Cendana News di pelabuhan Bakauheni, Minggu (3/1/2021).

Kepada pengguna jasa, Captain Solikin menyebut telah disediakan penyedia penjualan tiket melalui sejumlah platform. Pengguna kendaraan via Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) bisa mempergunakan fasilitas stopper area pada rest area KM 20. Fasilitas penjualan tiket online menjadi faktor lancarnya arus kendaraan dan layanan kapal di pelabuhan Bakauheni.

Captain Solikin, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang utama Bakauheni, Lampung Selatan di Bakauheni, Minggu (3/1/2021). -Foto: Henk Widi

“Pengguna jasa telah memperhitungkan waktu keberangkatan bersamaan, menghindari kemacetan serta harus telah memiliki tiket agar sesampainya pada pelabuhan Bakauheni bisa naik ke kapal sesuai jadwal, prediksi puncak arus balik libur tahun baru pada akhir pekan ini dengan pertimbangan besok sudah mulai masuk kerja,” terang Captain Solikin.

Captain Solikin menyebut, pelayanan saat kenormalan baru (new normal) prioritas menjaga keselamatan penumpang. Penumpang telah diwajibkan memakai masker, menjaga jarak fisik, rajin mencuci tangan pakai sabun, memakai hand sanitizer. Koordinasi dengan operator pelayaran dilakukan dengan pengaturan kapasitas penumpang. Pembelian tiket secara online menjadi cara mencegah kontak fisik antara petugas dan penumpang.

Sesuai data posko angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 hingga Minggu (3/1/2021), ASDP Bakauheni mengoperasikan 31 unit kapal kapal roll on roll off (Roro), yang melayani 106 kali perjalanan kapal atau trip. Pantauan situasi pelabuhan didominasi hujan gerimis meski kondisi perairan tetap aman untuk pelayaran.

Sebanyak 46.483 penumpang diseberangkan dari pulau Sumatra ke pulau Jawa pada akhir pekan ini. Jumlah tersebut terdiri dari 3.105 orang penumpang pejalan kaki, 43.478 di atas kendaraan.

Selain itu, jumlah kendaraan yang diseberangkan sebanyak 10.898 unit. Meliputi 2.913 unit sepeda motor, 6.118 unit kendaraan kecil, 274 unit bus,1.593 unit truk dan 7.985 unit kendaraan roda empat atau lebih.

“Jumlah penumpang dan kendaraan yang diseberangkan alami penurunan dibanding tahun lalu,” cetusnya.

Selain penyediaan fasilitas kapal memadai, Captai Solikin menambahkan loket pembelian tiket ditambah. Sebanyak 7 unit loket pembelian tiket untuk pemindaian barcode ditambah. Di area terminal eksekutif disediakan 6 loket. Pada loket tiket penumpang reguler sebanyak 6 vending machine disiapkan dan 5 vending machine di terminal eksekutif. Antisipasi kemacetan di pintu masuk pelabuhan dan ruas jalan, Polres Lamsel telah melakukan rekayasa lalu lintas.

AKP Edwin Widya Dirotsaha Putra, Kasatlantas Polres Lamsel menyebut telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Sejumlah area kantong parkir disiagakan pada sejumlah rest area jalan tol dan rumah makan di Jalan Lintas Sumatra.

“Kantong parkir disiagakan untuk menunda kendaraan barang menuju pelabuhan Bakauheni memprioritaskan kendaraan pribadi,” sebutnya.

Selain fokus pada akses jalan menuju pelabuhan Bakauheni saat arus balik libur tahun baru, ruas jalan menuju objek wisata. Pengaturan lalu lintas di sejumlah ruas jalan, menurut Kasatlantas berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Lampung. Ia menyebut, penggunaan tiket online membuat antrean di pintu masuk pelabuhan Bakauheni bisa terurai.

Lihat juga...