Sampah Ilegal di Jalan Bugisan Timbulkan Bau Menyengat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Bau tak sedap menyengat hidung akan tercium saat pengendara melintasi Jalan Bugisan, Bantul, Yogyakarta sejak beberapa waktu terakhir.

Bau menyengat tersebut berasal dari timbunan sampah yang terdapat di salah satu lahan kosong milik warga tepatnya di Dusun Keloran, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul.

Selain menimbulkan bau menyengat, gunungan sampah itu juga menimbulkan pemandangan kurang mengenakkan. Lokasinya yang tepat berada di sisi jalan, membuat sampah kerap beterbangan hingga ke jalan raya.

Menurut salah seorang warga, Jito, gundukan sampah itu muncul sejak sekitar satu bulan terakhir. Lahan kosong yang semula bersih itu tiba-tiba menjadi tempat pembuangan sampah ilegal setinggi hampir 1 meter.

“Awalnya itu kan lahan kosong yang hendak ditimbun tanah oleh pemiliknya. Tapi entah bagaimana tiba-tiba banyak orang yang membuang sampah di situ. Walaupun sudah diberi tulisan dilarang buang sampah, namun tetap saja banyak yang buang sampah di situ,” ujarnya, Rabu (6/1/2021).

Selain merugikan pemilik lahan, munculnya tempat pembuangan sampah ilegal itu juga mengganggu dan meresahkan warga sekitar yang tinggal tak jauh dari lokasi. Salah satunya seperti diungkapkan Emi, warga yang tinggal tepat di samping lokasi timbunan sampah tersebut.

Emi warga Dusun Keloran, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, saat dijumpai Cendana News, Rabu (6/1/2021) – Foto: Jatmika H Kusmargana 

“Jelas sangat mengganggu sekali. Baunya busuk, menyebar ke mana-mana. Mau pagi siang malam tetap sama saja. Belum lagi potensi penyakit yang nanti muncul jika timbunan sampah itu dibiarkan begitu saja,” ungkapnya.

Sejumlah warga sendiri berharap agar pihak-pihak terkait segera bisa turun tangan untuk mengatasi hal ini. Yakni dengan memindahkan sampah tersebut ke lokasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir. Sehingga membuat lokasi tersebut bersih kembali.

“Warga sudah ada yang melaporkan hal ini ke pihak terkait. Memang setelah itu ada yang datang melihat langsung ke sini. Walaupun memang sampai saat ini belum ada tindakan sama sekali. Ya mudah-mudahan saja bisa segera teratasi,” pungkasnya.

Lihat juga...