Sayur Kangkung Bunga Pepaya

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Bagi masyarakat di Kabupaten Sikka dan hampir di semua wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, bunga pepaya merupakan sayuran yang sudah biasa dikonsumsi. Biasanya, sayur bunga pepaya sering dijadikan sayur rumpu rampe yang sudah terkenal, dan menjadi masakan khas asli Flores Timur, dan bunga pepaya dicampur dengan berbagai sayuran lainnya.

“Saya biasa memasak sayur kangkung dicampur bunga pepaya, selain membuat sayur rumpu rampe dari campuran bunga pepaya dan sayur lainnya,” kata Waria W. Parera, warga Kelurahan Wairotang, Kota Maumere, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (9/1/2021).

Warga Kelurahan Wairotang, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Maria W. Parera, saat ditemui di rumahnya, Dok: CDN

Maria mengatakan, untuk membuat sayur bunga pepaya dicampur kangkung, proses pembuatannya tergolong mudah, dan bahan-bahan termasuk bumbu yang dipergunakan pun mudah diperoleh.

Pertama-tama, terangnya, kangkung dibersihkan dan dipotong kecil sesuai selera. Setelah itu, pisahkan kangkung dengan menaruhnya di wadah terpisah.

“Ambil bunga pepaya, lalu iris hingga kecil. Cuci bersih dan letakkan juga di wadah terpisah. Siapakan bumbu-bumbunya, seperti bawang merah, bawang putih, lombok dan tomat secukupnya,” sebutnya.

Maria menjelaskan, semua bumbu berukuran kecil bisa diiris kecil atau bisa juga diulek atau dihaluskan tergantung selera.

Tapi, menurutnya lebih baik semua bumbu dihaluskan biar bumbu lebih meresap ke sayuran. Sesudahnya, rebus bunga pepaya di air hingga mendidih, angkat dan tiriskan airnya hingga benar-benar kering.

“Masukkan minyak goreng di wajan, lalu tumis semua bumbu hingga wangi. Masukkan bunga pepaya dan aduk hingga merata sekitar 5 menit, kemudian masukkan kangkung yang sudah dipotong-potong,” terangnya.

Maria melanjutkan, setelah sayuran tercampur merata dan matang, baru angkat sayuran dan siap dihidangkan untuk dikonsumsi. Dirinya menyarankan, sayuran campuran bunga pepaya dan kangkung lebih enak dikonsumsi saat masih panas.

Sementara itu,Yohana Wisang, salah seorang warga Kelurahan Waioti,  menambahkan, dirinya pun sering memasak sayur bunga pepaya yang dicampur dengan kangkung.

Menurut Yohana, kalau memasak bunga pepaya tanpa dicampur sayur kangkung rasanya lebih pahit. Memasaknya pun bunga pepaya harus direbus terlebih dahulu, agar rasa pahitnya berkurang.

“Saya lebih suka mengkonsumsi sayur bunga pepaya kalau dicampur kangkung. Kalau tidak dicampur kangkung, biasanya saya membuat sayur rumpu-rampe dengan mencampur bunga pepaya bersama daun singkong, daun pepaya dan kangkung,” ucapnya.

Lihat juga...