Sebanyak 20 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 Sudah Tiba di Jambi

Petugas Brimob yang menjaga vaksin COVID-19 di gudang milik Dinas Kesehatan Jambi, Senin (4/1/2021) – foto Ant

JAMBI – Sebanyak 20 ribu dosis vaksin COVID-19, sudah tiba di Jambi, Senin (4/1/2021) petang sekira pukul 18.45 WIB. Vaksin tersebut dikirim melalui jalur darat dari Jawa Barat.

Vaksin tersebut tiba di Jambi dengan dikawal ketat personel Brimob. Pantauan di lokasi, usai acara serah terima, vaksin dari Biofarma kerja sama dengan perusahaan China Sinovac tersebut, langsung disimpan di gudang vaksin Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Tepatnya di kawasan Perkantoran Gubernur Jambi, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

PLT Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Raflizal mengatakan, vaksin tersebut berjumlah 20.000 dosis. Posisinya tersimpan di dalam sebelas koli. Nantinya vaksin tersebut akan didistribusikan ke kabupaten dan kota di Provinsi Jambi mulai 7 Januari 2021 mendatang. “Ini bakal kita manfaatkan pada 14 Januari untuk tenaga medis. Seluruh fasilitas kesehatan di Jambi termasuk 207 puskesmas ditambah 1 KKP, tenaga medis di 40 rumah sakit rujukan, petugas medisnya kita vaksin,” kata Rafrizal, usai serah terima vaksin COVID-19, Senin (4/1/2021).

Menurut Raflizal, selain tenaga medis, tokoh masyarakat terpilih juga akan diberi vaksin. Vaksin yang diterima Provinsi Jambi ini merupakan vaksin tahap pertama. Dan masih ada penyaluran vaksin COVID-19 tahap kedua. “Ini vaksin yang kita terima, kita simpan sesuai dengan prosedur penyimpanan vaksin. Kita punya tempat penyimpanan suhu rendah dan kita pastikan aman,” katanya.

Karo Ops Polda Jambi, Kombes Pol Imam Setiawan, yang ikut hadir langsung dalam penerimaan vaksin mengatakan, Polda Jambi akan menjaga gudang tempat vaksin agar aman dan segala sesuatu hal yang tidak diinginkan. “Polda Jambi akan menurunkan personel untuk mengawal dan menjaga vaskin tersebut, agar aman dan nantinya berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi untuk melakukan pengawalan pada saat pendistribusian ke kabupaten dan kota,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...