Lebaran CDN

Sehat dan Nikmatnya Hidangan Serba Laut

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Makanan laut atau sea food banyak digemari masyarakat dari berbagai kalangan. Selain lezat dan nikmat, hidangan serba laut juga lebih  segar, sepanjang tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

Salah satu penggemar sea food, Tri Wuryaningsih mengatakan, ia sangat gemar makan kerang, karena banyak mengandung zat besi, asam folat, yodium serta vitamin A dan vitamin B. Zat-zat yang terkandung dalam kerang tersebut, sangat dibutuhkan oleh tubuh, terlebih pada usia yang sudah menjelang lanjut.

“Hidangan serba laut itu menyehatkan, zat-zat yang terkandung pada seafood bagus untuk kesehatan jantung, tulang, persendian, mata dan lainnya, dengan catatan makannya tidak berlebihan, karena beberapa jenis seafood juga ada yang mengandung kolesterol tinggi,” kata Tri Wuryaningsih, Sabtu (30/1/2021).

Penggemar seafood, Tri Wuryaningisih, dijumpai di Purwokerto, Sabtu (30/1/2021). Foto: Hermiana E. Effendi.

Beberapa jenis makanan seafood, lanjutnya, juga mampu meningkatkan kemampuan otak, karena tingkat kadar asam aicosapentaenoic (EPA) dan docosahexanoic (DHA) yang tinggi dan baik untuk pertumbuhan otak serta daya ingat.

Untuk hidangan kerang, Tri Wuryaningsih mengaku paling suka dengan kerang yang dimix atau dicampur dengan aneka jenis sayuran. Misalnya kerang yang dimasak dengan jagung, buncis ataupun sayuran jenis lainnya dan dimasak secara bersamaan.

Dan untuk bumbu, kerang saus tiram menjadi menu favorit, karena adanya perpaduan rasa gurih dan asin yang sama-sama kuat. Dan untuk lebih mantap saat makan, biasanya ditambahkan dengan cabai pedas.

“Sebelum dimasak. kerang dicuci bersih dan direbus terlebih dahulu sampai cangkang kerang terbuka, begitu juga dengan jagung, direbus terlebih dahulu supaya empuk,” jelasnya.

Untuk bumbu yang dihaluskan cukup sederhana, hanya bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe dan tomat saja. Sebagai tambahan saat kerang sudah ditumis bersama bumbu yang sudah dihaluskan, bisa ditambahkan dengan irisan bawang bombay serta merica bubuk dan tentu saja saus tiram.

Penggemar seafood lainnya, Aan Rohaeni mengatakan, untuk hidangan seafood, ia memilih menyerahkan pada ahlinya alias membeli hidangan yang sudah matang. Sebab, menurutnya, tidak semua orang bisa mengolah seafood dengan baik, terutama dalam hal menghilangkan bau anyirnya.

“Kalau hidangan seafood, dulu untuk menikmatinya harus ke Cilacap, jika ingin seafood yang mantap, Tetapi sekarang di Kota Purwokerto sudah banyak bermunculan warung seafood yang juga lezat. Salah satu langganan saya warung seafood yang berasal di Jalan Mardikenya, Purwokerto,” tuturnya.

Aan mengaku paling suka udang, namun karena udang mengandung kolesterol yang cukup tinggi, maka tetap hanya makan secukupnya saja.

Lihat juga...