Sejumlah Jalan Utama di Kota Batam Terendam Banjir

Truk sampah berusaha melintasi jalan yang tergenang air banjir di Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (2/1/2021) – Foto Ant

BATAM – Sejumlah jalan utama di Kota Batam, Kepulauan Riau, terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa. Banjir terjadi, setelah hujan mengguyur kota kepulauan itu dalam dua hari terakhir, atau sejak Jumat (1/1/2021).

Jalan utama yang terendam di antaranya, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Yos Sudarso, yang menghubungkan Pelabuhan Batuampar dan Bandara Hang Nadim. Petugas kepolisian yang berjaga di lokasi banjir melarang mobil ukuran kecil melintas pada Sabtu (2/1/2021). Dan hanya kendaraan besar saja yang boleh melintas satu persatu secara bergantian.

Melihat kondisi itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyatakan, akan melebarkan drainase di dua jalan utama yang banjir. “Setelah kami cek, drainasenya tidak mampu menampung volume air,” kata Rudi saat meninjau lokasi banjir di Simpang Baloi, Lubukbaja.

Pria yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Batam itu mengakui, beberapa ruas jalan selalu menjadi lokasi genangan air saat hujan turun. Lokasi tersebut diantaranya, di depan Gogo Bengkong, Simpang Bandara, Bida Asri 2, dan Simpang Kabil.

Menurut dia, drainase di sepanjang jalan itu memang tidak mampu menampung luapan air saat hujan. Saat ini, lebar drainase hanya sekitar satu hingga dua meter. Rencananya akan dilebarkan hingga tujuh sampai delapan meter, agar mampu menampung volume air. Rudi optimistis, apabila drainase dilebarkan, maka air tidak akan meluap ke jalan lagi. Rencananya, pembongkaran drainase akan dimulai tahun ini juga.

Sedangkan untuk langkah sementara, diinstruksikan pihak kecamatan setempat, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Satpol PP dan Ditpam, bersama-sama masyarakat membersihkan drainase agar tidak menyumbat jalan air. “Besok harus mulai bekerja bersama masyarakat juga yang berada di lingkungan masing-masing,” tandasnya.

Wali Kota mengakui, lokasi banjir di Batam bertambah, akibat pembukaan lahan baru dan drainase yang kecil. (Ant)

Lihat juga...