Sektor Perikanan Dipilih Kendari untuk Pulihkan Ekonomi

Lokasi penataan kawasan pengembangan budi daya karamba jaring apung yang berada di perairan pesisir Kelurahan Bungkutoko dan Kelurahan Petoaha Kendari – Foto Ant

Khusus perikanan budi daya, pemkot melakukan penataan kawasan budi daya ikan karamba jaring apung di Kelurahan Bungkutoko dan Kelurahan Petoaha agar hasilnya bisa lebih maksimal. “Pengelolaan lahan budi daya keramba apung di daerah ini belum maksimal karena masih banyak potensi lahan yang belum dibudidayakan. Artinya potensi lahan yang bisa dikembangkan budidaya tersebut masih cukup luas,” katanya.

Selain itu, budi daya karamba jaring apung, pemkot juga mengembangkan budi daya kerang abalon, sebagai salah satu komoditi perikanan komoditi unggulan di kota itu. “Kelompok tani nelayan tersebar di beberapa kelurahan yang konsen dengan pengembangan budidaya abalon ini. Budidaya abalon akan sangat menguntungkan nelayan karena nilai jualnya yang tinggi di pasar ekspor,” tandasnya.

Diharapkan, pengembangan budi daya abalon bisa meningkatkan taraf kehidupan perekonomian warga, dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini. (Ant)

Lihat juga...