Sempat Ditutup, Lampung Elephant Park Mulai Ramai Dikunjungi

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Taman rekreasi Lampung Elephant Park atau dikenal Taman Gajah yang sempat ditutup mulai ramai dikunjungi. Taman terbuka di Jalan Sriwijaya, Enggal, Bandar Lampung itu sebelumnya ditutup sejak akhir tahun hingga 4 Januari 2021 silam.

Penutupan dilakukan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sesuai surat edaran gubernur Lampung.

Hendrawan, penyedia jasa permainan anak menyebut sempat menghentikan aktivitas imbas taman itu ditutup. Memasuki pekan kedua hingga ketiga Januari ia menyebut aktivitas tempat rekreasi di pusat kota Bandar Lampung itu kembali beroperasi. Minat warga untuk rekreasi sebutnya masih tinggi saat siang hingga malam. Sebab lokasi tersebut menyediakan fasilitas rekreasi dan olahraga gratis.

Elephant Park yang dikelola Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung sebut Hendrawan jadi tempat favorit warga. Sabtu malam (23/1) jadi tempat bersantai warga menikmati suasana malam. Hal yang sama juga terjadi saat Minggu (24/1) warga datang untuk melakukan olahraga skateboard, basket, outdoor fitness dan menikmati suasana taman.

“Aktivitas rekreasi mulai diperbolehkan berupa wahana permainan,pasar malam dan kegiatan rekreatif lain dengan menerapkan protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, ada petugas Satpol PP yang berkeliling untuk menerapkan disiplin di Elephant Park setiap hari,” terang Hendrawan saat ditemui Cendana News, Minggu (24/1/2021).

Aktivitas penyedia jasa permainan anak anak kembali dilakukan oleh Hendrawan (kiri) di Elephant Park,Enggal, Bandar Lampung, Minggu (24/1/2021). -Foto Henk Widi

Hendrawan menyebut masih ada warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan saat masuk ke Elephant Park. Petugas Satpol PP kerap akan menegur warga yang tidak mengenakan masker. Beroperasinya taman dengan rindangnya pepohonan dan wahana bermain sekaligus membantu kegiatan ekonomi warga. Selain penyedia permainan anak sejumlah pedagang kuliner mencari peruntungan di lokasi tersebut.

Ditutup sementara aktivitas di Elephant Park untuk rekreasi sempat menurunkan omzet bagi Hendrawan. Sehari ia mengaku bisa mengantongi uang ratusan ribu dari sejumlah permainan. Becak mini, pancing ikan, mewarnai gambar disediakan olehnya. Saat ditutup ia mengaku tidak mendapat penghasilan karena wahana permainan tidak beroperasi.

“Dibukanya kembali Elephant Park tentunya ikut membantu ekonomi pelaku usaha sektor jasa permainan anak-anak,” cetusnya.

Nursanto, salah satu pengunjung tempat rekresasi Elephant Park menyebut melakukan kegiatan rekreasi bersama dua anaknya. Permainan becak mini,memancing ikan,mobil mini hingga mewarnai gambar bisa dilakukan. Sempat ditutup sementara oleh pemerintah ia menyebut warga sempat kehilangan tempat untuk kegiatan rekreatif. Sebab selain Elephant Park, pusat kegiatan Olahraga Way Halim juga ditutup.

“Ada sejumlah lokasi yang ditutup menyesuaikan kondisi perkembangan angka kasus Covid-19,namun sebagian telah dibuka kembali,” bebernya.

Aktivitas rekreasi pada lokasi terbuka sebut Nursanto tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Ia tetap mendisplinkan anak untuk memakai masker dan membawa penyanitasi tangan (hand sanitizer). Rekreasi di tempat terbuka sebutnya jadi alternatif untuk mendapatkan udara segar dan menjaga kebugaran. Mengayuh becak mini di taman tersebut sekaligus menjaga kesehatan.

Bermain di Elephant Park bersama anak-anak dilakukan Hasan untuk mengatasi kebosanan. Ia menyebut ditutupnya sejumlah objek wisata pantai dan wisata buatan berimbas warga memilih lokasi yang lebih dekat. Ia juga mengajak sang anak untuk rekreasi pada taman tersebut karena lebih nyaman. Aktivitas bermain gelembung sabun dan ayunan jadi alternatif menikmati suasana di Elephant Park.

Taman rekreasi tersebut menurut Hasan juga sekaligus menjadi tempat menikmati udara segar. Jajaran pohon sonokeling, ketapang kencana yang rimbun memberi keteduhan bagi pengunjung. Aktivitas bermain sekaligus olahraga dengan adanya fasilitas outdoor fitness menjadikan Elephant Park tempat favorit bagi keluarganya.

Lihat juga...