Setiap Pekan, Astrazeneca Suplai Dua Juta Vaksin COVID-19 untuk Inggris

Botol dengan stiker bertuliskan, COVID-19 / vaksin Coronavirus / Injeksi dan jarum suntik medis terlihat di depan logo AstraZeneca yang ditampilkan dalam ilustrasi (31/10/2020) – Foto Ant

BENGALURU – Sekira dua juta dosis vaksin COVID-19, yang dikembangkan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca, siap untuk disuplai setiap pekannya untuk Inggris. Media setempat menyebut, suplai tersebut dimulai pertengahan Januari 2021.

“Rencananya adalah, untuk dilakukan berangsur-angsur dengan cepat, hingga pekan ketiga Januari, kami seharusnya sudah dapat mencapai dua juta per pekan,” demikian laporan yang tidak menyebut nama narasumber dari AstraZeneca.

Perusahaan tersebut belum memberikan komentar atas permintaan media. Laporan tersebut datang usai Inggris pada Rabu (30/12/2020) yang menyetujui vaksin COVID-19 Oxford-AstraZeneca, dengan harapan aksi cepat dapat membantu memutus lonjakan mata rantai, yang disebabkan oleh varian yang sangat menular dari virus itu.

Perdana Menteri Boris Johnson telah memesan 100 juta dosis untuk Inggris, sebagai bagian dari persetujuan dengan perusahaan itu. Perusahaan tersebut menargetkan, untuk menyuplai jutaan dosis dalam kuartal pertama, menambahkan bahwa vaksinasi pertama dijadwalkan untuk dimulai tahun ini.

Inggris, yang telah mencatat lebih dari 50.000 kasus harian COVID-19 dalam empat hari terakhir, tengah menghadapi penyebaran varian baru virus corona. Virus yang lebih mudah menular dengan cepat. Hingga Jumat (1/1/2021) Inggris telah mencatat 53.285 kasus COVID-19 baru dan 613 kematian. (Ant)

Lihat juga...