Sirkuit Mandalika Masih Cadangan dalam Kalender Provisional MotoGP

JAKARTA — FIM, IRTA dan Dorna Sports pada Jumat kembali merilis kalender provisional MotoGP 2021 yang akan diawali dengan dua seri pembuka di Qatar, sementara sirkuit Mandalika, Indonesia, masih cadangan.

Grand Prix Qatar disiapkan untuk mengawali musim baru pada 28 Maret di Sirkuit Losail dan akan diikuti oleh Grand Prix Doha pada 4 April di sirkuit yang sama.

Qatar, yang tahun lalu melewatkan balapan MotoGP karena pandemi, juga akan arena tes pramusim setelah batal digelar di Sirkuit Sepang di Malaysia karena lockdown.

Dari gurun di negara Timur Tengah itu, tim dan pebalap menuju ke Portugal untuk mengawali tur Eropa ketika Sirkuit Algarve siap menggelar Grand Prix Portugal pada 18 April sebagai seri ketiga di kalender.

Sirkuit Jerez-Angel Nieto di Spanyol sesuai rencana semula menggelar Grand Prix Spanyol pada 2 Mei.

Setelah Jerez, tur Eropa berlanjut ke Prancis, Italia, Catalunya, Jerman, Belanda, Finlandia, Austria, Inggris, Aragon, dan San Marino.

Kemudian pada Oktober, para kompetitor meninggalkan Eropa untuk Tur Asia dimulai di Jepang dan berakhir di Malaysia.

Valencia, seperti yang sudah-sudah, akan menjadi tuan rumah seri pemungkas yang tahun ini dijadwalkan pada 14 November.

Sementara itu pandemi COVID-19 telah menyebabkan GP Argentina dan GP Amerika Serikat terpaksa ditunda.

Sedangkan Sirkuit Mandalika, yang belum selesai dibangun di Lombok, masih berada di daftar sirkuit cadangan dalam kalender revisi tersebut serta menunggu proses homologasi, demikian laman resmi MotoGP. [Ant]

Lihat juga...