Soto Suroboyo Nikmatnya Terasa hingga Kuah Kuning Terakhir

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Memiliki rasa khas, Soto Suroboyo kuah kuning, sangat mudah dijumpai di berbagai lokasi wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat. Kesegaran rasa dan mengenyangkan sangat cocok menemani makan siang apalagi saat musim hujan.

Soto Suroboyo di Kota Bekasi, memiliki ciri tersendiri dengan konsep kaki lima gerobakan, rasa bintang lima, tak jarang terlihat banyak diserbu pegawai atau pekerja yang banyak berada di luar ruangan ketika jam makan siang. Hal itu seperti di warung Soto Suroboyo berlokasi di gedung basket GOR Chandrabaga.

Harganya pun bersahabat satu mangkok soto dan nasi hanya Rp15 ribu, maka akan menyantap sajian menyegarkan, maknyus paduan sambal dan perasan jeruk nipisnya memberi kenikmatan tersendiri hingga ke kuah terakhir sampai kenyang.

“Soto Suroboyo, banyak digemari, sepertinya cocok untuk siapa saja. Kuah bening, dipadu sambal sesuai selera pasti menyegarkan. Banyak yang datang saat jam makan siang, terutama mereka yang bekerja di luar kantor,” ucap Mayang penjual Soto Suroboyo, kepada Cendana news, Sabtu (16/1/2021).

Mayang, penjual Soto Suroboyo, di belakang gedung basket komplek GOR Chandrabaga, Sabtu (16/1/2021). -Foto M. Amin

Menurutnya Soto Suroboyo, akan sama rasanya, di wilayah Kota Bekasi. Karena bumbunya sepertinya sudah umum dan bisa dikreasikan sendiri di rumah. Tapi tentunya harus punya kesukaan memasak.

Untuk bumbu Soto Suroboyo letak rasanya ada tambah kaldu, yang ditabur. Kaldu itu menjadikan soto Suroboyo kian segar. Untuk lainnya seperti soun, daun seledri, daun bawang dan lainnya sama. Hanya saja ditambah ayam suwir, dan irisan dalam ayam hingga membuat yang menyantap terasa ada kenyak-kenyal.

“Taburan bahan poyahnya itu beli khusus, karena harus dihaluskan . Dia masuk jenis kerupuk udang dan bawang putih dan merah yang dihancurkan sebagai taburan menjadikan rasanya semakin menyegarkan dipadu perasan jeruk nipis” ucap Mayang mengaku mungkin itu yang tidak terdapat pada bumbu soto daerah lainnya.

Selain soto sebagai menu utama, tempatnya yang sejuk di bawah rerindangan pohon itu juga menyajikan aneka jenis minuman. Hingga tempat ini cocok tempat bersantai bertemu klien, dengan konsep apa adanya.

Dharma dan Edo, mengaku bahwa tempat Soto Suroboyo di lokasi belakang gedung basket komplek GOR Chandrabaga tersebut, menjadi lokasi favoritnya. Karena parkirnya luas dan tempatnya nyaman di tengah kepadatan perkotaan.

“Tapi yang paling penting harganya bersahabat, tempatnya nyaman, Sotonya menyegarkan. Colokan listrik gratis,” ujar Dharma mengaku tak heran banyak ojek online nongkrong di tempat tersebut sambil nunggu orderan.

Lihat juga...