Spezia Depak AS Roma dari Kompetisi Piala Italia

JAKARTA  – Spezia menyingkirkan AS Roma dari 16 besar Piala Italia dengan kemenangan 4-2 yang didapat lewat perpanjangan waktu, pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Selasa setempat atau Rabu WIB.

Berkat kemenangan itu, Spezia akan bertemu Napoli pada pertandingan perempat final yang  dimainkan pada 27 Januari, demikian catatan laman resmi FIGC.

Spezia membuka keunggulan berkat penalti Andrey Galabinov pada menit keenam, sebelum Riccardo Saponara menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-15.

Roma kemudian mampu memperkecil ketertinggalan berkat penalti Lorenzo Pellegrini pada menit ke-43, dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2 berkat gol Henrikh Mkhitaryan pada menit ke-73.

Pada perpanjangan waktu, Roma harus kehilangan Gianluca Mancini yang mendapat kartu merah, sebelum kemudian kiper Pau Lopez juga diusir keluar lapangan.

Situasi itu dimaksimalkan oleh Spezia untuk merestorasi keunggulan melalui gol Daniele Verde pada menit ke-107, dan Saponara mengukir gol keduanya pada menit ke-119 untuk memuluskan langkah Spezia.

Pelanggaran yang dilakukan Bryan Cristante terhadap Giulio Maggiore di kotak terlarang membuat wasit menunjuk titik putih. Eksekusi penalti diambil dengan sempurna oleh Galabinov, yang melakukan penampilan perdananya sebagai pemain inti sejak cedera pada 4 Oktober silam.

Saponara yang melakukan penampilan perdana sebagai pemain inti Spezia menandainya dengan gol untuk menggandakan keunggulan timnya. Marash Kumbulla terlalu mudah kehilangan bola di tepi kotak penaltinya sendiri, dan Saponara melepaskan sepakan melengkung tertuju ke sudut atas gawang tuan rumah.

Sebelum turun minum Roma memperkecil ketertinggalan mereka setelah pelanggaran Ardian Ismajli terhadap Pellegrini membuat tim tamu diganjar penalti. Pellegrini sendiri yang menjadi algojo, dan ia sukses menjalankan tugasnya.

Lihat juga...