Stuttgart Pulang Bawa Kemenangan 4-1 dari Kandang Augsburg

Dua pemain VfB Stuttgart, Gonzalo Castro (kiri) dan Mateo Klimowicz (kanan), merayakan gol yang tercipta ke gawang Augsburg pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di WWK Arena, Augsburg, Minggu (10/1/2021) – foto Ant

JAKARTA – VfB Stuttgart, membawa pulang tiga poin penuh dari kandang Augsburg, seusai memetik kemenangan 4-1 atas tuan rumah dalam pertandingan putaran ke-15 Liga Jerman yang digelar di Stadion WWK Arena, Minggu (10/1/2021) waktu setempat atau Senin (11/1/2021) dinihari WIB.

Sembari menyudahi rentetan dua kekalahan beruntun, tiga poin yang diraih Stuttgart, membuat mereka bertukar posisi dengan Augsburg di klasemen sementara. Stuttgart kini menghuni posisi ke-10 dengan koleksi 21 poin. Sedangkan Augsburg (19), berada di urutan ke-11.

Sepuluh menit pertandingan berjalan, Stuttgart, membuka keunggulan melalui eksekusi penalti penyerang asal Argentina, Nico Gonzalez. Pinalti diberikan wasit, karena pelanggaran Reece Oxford terhadap Mateo Klimowicz. Augsburg sempat mengancam, tetapi tendangan bebas Daniel Caligiuri membentur mistar gawang. Dan Stuttgart justru menggandakan keunggulan mereka, ketika Silas Wamangituka menyelesaikan skema serangan balik, untuk membawa timnya unggul 2-0 sampai turun minum.

Semenit memasuki babak kedua, tuan rumah sempat memperkecil ketertinggalanm saat Marco Richter memanfaatkan umpan tarik Ruben Vargas menjadi gol. Tersentak dengan gol tersebut, Stuttgart, segera kembali menyatukan kekuatan dan menemukan kembali ritme permainannya. Kiper Augsburg Rafal Gikiewicz, harus melakukan penyelamatan bagus dari sepakan akrobatik Gonzalez, dan sundulan Marc-Oliver Kempf.

Gikiewicz harus kembali memungut bola dari gawangnya pada menit ke-61, saat Gonzalo Castro melepaskan sepakan voli jarak dekat, menyambut umpan silang Gonzalez. Situasi bertambah buruk bagi Augsburg, pada fase akhir pertandingan ketika Richter diusir keluar lapangan akibat mendapatkan kartu kuning kedua.

Unggul jumlah pemain, Stuttgart mengemas gol pamungkas pada menit ke-87, saat pemain pengganti Daniel Didavi, menyambar umpan silang Waldemar Anton, untuk mengunci kemenangan kelima di liga musim ini.

Pada pertandingan yang dimainkan setelahnya, Arminia Bielefeld meninggalkan zona merah, berkat kemenangan tipis 1-0 atas tamunya Hertha Berlin. Gol semata wayang pada laga tersebut dibukukan Reinhold Yabo pada menit ke-64.

Yabo sukses mengecoh pengawalnya, menyusul situasi lemparan ke dalam di sisi kanan lapangan, sebelum melepaskan tembakan tinggi masuk ke gawang tim tamu. Dengan tambahan tiga poin, Arminia kini berhak menduduki posisi ke-15 di klasemen sementara dengan 13 poin, sedangkan Hertha tertahan di posisi ke-12 dengan 16 poin. (Ant)

Lihat juga...