Lebaran CDN

Sultra Tunda Penerbitan Izin KBM Tatap Muka

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Asrun Lio - foto Dok Ant

KENDARI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menunda penerbitan izin Kegiatan Belajar Mengahar (KBM) tatap muka, yang semula dijadwalkan berlangsung mulai 4 Januari 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Asrun Lio mengatakan, posko satuan tugas COVID-19 menyebutkan, kondisi Sultra berada pada risiko sedang mendekati risiko tinggi. “Sehubungan dengan perkembangan peta Epidemologi COVID-19 dan laporan Harian posko Gugus Tugas COVID Sultra menunjukkan kondisi Sultra berada pada risiko sedang mendekati risiko tinggi, sehingga pemerintah Sultra belum dapat menerbitkan izin pembelajaran tatap muka pada semester genap 2020/2021 sampai dengan waktu yang akan ditentukan kemudian,” kata Asrun, Senin (4/1/2021).

Sebagai informasi, sekolah yang sudah menyampaikan kesiapan pembelajaran tatap muka ada di Kota Baubau dan Buton Selatan. Penyampaian kesiapan dilakukan melalui kantor cabang dinas masing-masing. “Laporan kesiapan pembelajaran tatap muka dari kantor dinas cabang kabupaten dan kota, menjadi pertimbangan Pemprov Sultra menerbitkan izin pembelajaran tatap muka,” kata Asrun.

Pemerintah juga memperhatikan saran-saran pihak terkait dalam pemberlakuan pembelajaran tatap muka, yakni orang tua siswa maupun organisasi komite sekolah.

Kepala SMU 4 Kendari, Lyu mengatakan, kalangan guru dan orang tua siswa, melalui pengurus komite, telah melalukan pertemuan menyikapi rencana pembelajaran tatap muka yang direncanakan 4 Januari 2021. Namun, sehubungan situasi pandemi cenderung beresiko, maka pemerintah menunda izin pembelajaran tatap muka demi kesehatan dan keselamatan para pihak. (Ant)

Lihat juga...